Manfaat Jambu Biji, “Buah Super” yang Menyehatkan

Jambu biji merupakan salah satu buah yang cukup popular di Indonesia. Buah yang cukup mudah ditemukan di berbagai daerah ini sering disebut sebagai “buah super”, karena manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh sangat banyak. Selain itu, kandungan mineral dan vitaminnya yang berlimpah membuat buah ini banyak berkhasiat.

Jambu biji yang merupakan tanaman tropis asli Brazil ini mengandung 30 kalori lebih tinggi, 3 kali lipat protein, dan 4 kali serat yang lebih banyak dari pada buah nanas. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi juga mampu menyehatkan tubuh Anda. Ingin tahu apa saja khasiat jambu biji untuk kesehatan tubuh? Simak yuk, ulasan lengkapnya!

manfaat jambu biji merah

  • Obat Rileksasi Alami
Jambu biji mengandung vitamin B3 dan B6 yang berfungsi untuk menjaga fungsi otak dan menjaga aliran darah tetap lancar. Selain itu, kandungan vitamin B6 juga berfungsi sebagai nutrisi saraf yang baik. Vitamin B6 inilah yang membantu otot dan saraf tubuh kendur sehingga Anda menjadi rileks. Jadi, olahan jambu  biji seperti jus jambu biji, dapat membantu Anda rileks setelah berkerja keras.
  • Membantu Fungsi Metabolisme Tubuh
Salah satu manfaat jambu biji berikutnya dapat membantu Anda mengatasi masalah diet. Kandungan mangan dalam jambu biji sangat berkhasiat untuk menyerap nutrisi penting dari makanan. Selain itu, kandungan serat yang berlimpah pada jambu biji juga berkhasiat untuk mengikat makanan pada lambung. Dengan cukupnya asupan mineral tersebut, jambu biji membuat tubuh Anda mendapat asupan gizi yang cukup tanpa karbohidrat.
  • Manfaat Jambu Biji Untuk Kulit
Mendapatkan masalah kulit yang membuat kecantikan anda memudar? Manfaat buah jambu biji untuk kecantikan dapat menjadi solusi. Khasiat dari buah ini sebanding dengan toner kulit atau krim kecantikan karena bebas dari efek samping. Selain itu, vitamin A, B, C dan kalian yang terkandung pada buah ini memiliki fungsi agar kulit menjadi lebih bercahaya.
  • Mengoptimalkan Pengelihatan
Jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin yang yang sama baiknya seperti wortel dan ubi jalar. Mengonsumsi jambu biji secara teratur akan membuat Anda memperlambat munculnya katarak, degenerasi macula, dan gangguan kesehatan pada mata. Selain mencegah terjadinya degenerasi penglihatan, Jambu Biji juga membantu menjaga mata di saat-saat menurunnya kesehatan mata.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan Berlebih
Sedang mencoba menurunkan berat badan anda? Cobalah mengkonsumsi buah ini. Manfaat jambu biji merah untuk diet dapat anda manfaatkan secara maksimal karena kaya akan vitamin, protein, serat dan mineral. Kombinasi latihan kardio serta mengkonsumsi makanan sehat seperti buah jambu biji dapat memudahkan anda mendapatkan berat badan yang ideal.
  • Antioksidan 
Jambu biji mengandung vitamin C yang berlimpah dan berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan dalam jambu biji membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membuat Anda lebih kebal dari berbagai macam serangan penyakit. Selain itu, kandungan antioksidan tertentu dalam jambu biji membantu mencegah kerusakan sel tubuh dari radikal bebas yang dapat menjadi timbulnya risiko penyakit kanker tertentu.
  • Membantu Menurunkan Kolesterol
Ternyata tak hanya berkhasiat bagi orang biasa saja, manfaat buah jambu cukup baik bagi ibu hamil. Karena jambu biji mengandung pectin yang membantu menurunkan kolesterol yang dialami saat masa kehamilan.
  • Menjaga Tekanan Darah pada Tubuh
Manfaat jambu biji merah lainnya cukup mengagumkan yakni dapat menjaga tekanan darah pada tubuh. Kandungan kalium pada jambu biji berkhasiat agar tubuh terlindungi dari pengaruh eksternal yang dapat merusak kesehatan tekanan darah. Tidak hanya itu ternyata jambu biji baik untuk ibu hamil juga. Karena dengan mengkonsumsi 1 buah jambu biji yang matang dapat mengontrol tekanan darah 
  • Menyehatkan kulit dan Pencegah Penuaan Dini
Manfaat jambu biji merah untuk kulit yakni untuk menyehatkan serta mencegah penuaan dini, karena jambu biji dapat menetralkan radikal bebas dan timbul stres oksidatif penyebab penuaan diri. Sedangkan kandungan vitamin A pada buah ini sangat penting karena meningkatkan kesehatan kulit dan menjadi lebih segar kembali.
  • Mengatasi diare
Jambu biji mengandung senyawa astringents yang dapat mengatasi diare. Karena senyawa astringents yang bersifat alkali sehingga menjadi anti bakteri , selain itu juga kandugan vitamin C, karotenoid dan kalium berfungsi membuat system pencernaan menjadi kuat.
  • Sebagai Obat Demam dan Batuk
Jambu biji kaya akan Vitamin C yang mampu mencegah terjadinya infeksi dan virus. Rebusan dari daun jambu dan jus jambu dapat bermanfaat untuk mengurangi lendir pada saat batuk. Serta juga dapat sebagai disinfektan pada tenggorokan untuk menghambat pertumbuhan mikroba pada saluran pernapasan dan paru-paru.
  • Menambah Jumlah Darah
Jambu biji mengandung berbagai macam vitamin dan mineral seperti  vitamin E, K, folat, niasain, mangan, magnesium dan asam panthothenic yang di mana semua itu bermanfaat sebagai penambah jumlah darah pada tubuh.

Nah, manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh yang merupakan salah satu buah popular di Indonesia ini sangat dahsyat, ya. Selain kandungan serat dan Vitamin C - nya yang sangat berlimpah, kandungan vitamin A dalam jambu biji ternyata juga tak kalah dari wortel. Jika Anda belum memasukkan jambu biji dalam daftar buah favorit Anda, tak ada salahnya untuk mencoba memasukkan buah ini sebagai buah favorit mulai sekarang.
Manfaat Jambu Biji, “Buah Super” yang Menyehatkan Rating: 4.5 Posted By: Unknown