Jahe Merah, Tumbuhan Herbal dengan Segudang Manfaat

Manfaat Jahe - Jahe dibagi menjadi tiga jenis, yakni jahe putih, jahe kuning, dan jahe merah. Jahe merah mempunyai konsentrasi pahit dan pedas yang lebih tinggi dari kedua jahe yang lain ini banyak dipakai di dunia pengobatan tradisional. Salah satu manfaat jahe merah untuk kesehatan yang paling terkenal adalah untuk mengobati penyakit asma atau sesak nafas.

Asma yang dalam bahasa Yunani disebut ‘asthma’ atau ‘sulit bernafas’ ini merupakan salah satu penyakit yang terjadi ketika saluran pernafasan membengkak dan kemampuan bernafas menjadi terbatas. Pemicu penyakit ini bisa bermacam-macam, yaitu debu, bulu binatang, asap, serbuk sari, dan olahraga berat. Serangan asma yang ringan, maupun berat yang bisa membahayakan nyawa bisa terjadi kapan saja ketika ada pemicu tersebut.

manfaat jahe merah

Serangan asma terjadi ketika otot polos dari bronki mengalami kejang dan bengkak karena ada peradangan dan pelepasan lendir, seperti bersin-bersin berlebihan. Hal tersebut akan membuat diameter saluran pernapasan yang menuju paru-paru menyempit dan menyebabkan susah bernafas. Pemicu sebenarnya dari kontraksi ini awalnya adalah histamin dan leukotriene yang dilepaskan oleh sel-sel mastosit dalam saluran udara.

Sel-sel mastosit bereaksi seperti demikian ketika mengenal benda asing yang ia kenal sebagai benda asing (allergen). Sel lain, yaitu eosinofil dalam saluran pernapasan juga bereaksi terhadap allergen sehingga melepaskan lipoksigenase yang dapat mempersempit saluran pernapasan. Untuk membantu mengurangi reaksi sel-sel di atas, Anda dapat mencoba salah satu manfaat jahe merah sebagai obat asma ini.

Menurut pakar herbal, Mahendra, jahe merah memiliki khasiat menjaga fungsi saluran pernafasan. Kandungan zat bronki splasmolitika dalam jahe merah terbukti mambu membantu menyerap oksigen dengan baik dan mendukung paru-paru lebih sehat agar reaksi sel maskosit dan eosinofil tidak membahayakan tubuh penderita.

Cara membuat ramuan jahe merah untuk obat asma cukup mudah, siapkan jahe merah sebanyak 250gram untuk satu hari. Cukup cuci jahe hingga bersih, tak perlu dikupas. Potoong jahe tipis-tipis dan rebus dalam 500ml air. Tambahkan gula bila dibutuhkan. Bila ramuan telah mendidih, tuang dalam gelas, tunggu hingga hangat dan minum secara teratur.

Minum secara teratur satu kali sehari hingga gejala asma benar-benar berhenti. Untuk penyembuhan yang lebih, Anda dapat menambahkan madu agar khasiat jahe merah semakin terasa. Madu terutama madu murni mengandung mineral penting yang dapat menghambat laju kerja enzim lipoksigenase yang dikeluarkan oleh sel eosinofil.

Selain ampuh sebagai obat asma ternyata ada beberapa khasiat lainnya yang berguna untuk kesehatan tubuh. Berikut informasi selengkapnya.

  • Manfaat jahe merah bagi pria
Apabila jahe merah dibuat menjadi ramuan tradisonal, maka khasiatnya sangat baik bagi kaum adam. Tanaman yang dapat ditemukan disekitar lingkungan rumah ini sangat ampuh untuk meningkatkan vitalitas Pria dan memperkuat daya tahan sperma.

  • Membantu Menghangatkan Badan
Jahe pada dasarnya memiliki sihat untuk membantu menghangatkan atau meningkatkan suhu pada tubuh. Anda dapat menggunakan jahe merah sebagai minuman atau wedang jahe saat berada di cuaca dingin atau daerah pegunungan. Jahe merah juga memiliki anti toksin atau anti virus untuk mengobati masuk angin dan batuk.

  • Manfaat jahe merah untuk kecantikan
Tak hanya untuk kesehatan, namun tanaman jahe merah ini sangat berkhasiat untuk kecantikan. Karena adanya zat yang dipercaya dapat mengurangi kulit berminyak. Jahe merah juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat dan caranya cukup mudah. Bersihkan jahe merah sampai bersih lalu iris hingga berbentuk lembaran, setelah itu tutupi wajah dengan irisan tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan secara rutin.

  • Pencernaan menjadi Lebih Lancar
Tak hanya buah yang dapat memperlancar pencernaan, ternyata jahe merah juga dapat menjadi salah satu alternatif bagi anda yang sulit membuang air besar atau sembelit. Jahe merah juga memiliki fungsi untuk penyerapan makanan dan mencegah terjadinya penyakit perut karena sifatnya dari tumbuhan rimpang ini adalah mengurangi peradangan.
  • Manfaat jahe merah untuk rematik
Jahe meiliki kandungan yang mampu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit dapat juga bermanfaat untuk menyembuhkan rematik atau encok. Caranya yaitu dengan membuat ramuan dari rebusan jahemerah. Pertama tama siapkan kurang lebih 2 ruas jahe merah kemudian potong dan sedikir di memarkan, kemudian rebuslah dengan 1 gelas dan gula sesuai selera  atau juga bisa menambahkan dengan madu murni.  Untuk hasil yang maksimal minumlah ramuain ini setiap hari.
  • Menyembuhkan batuk
Jahe merah juga bermanfaat untuk melegakan batuk dan  juga menyembuhkan  batuk  . jahe merah memiliki sifat sebagai penghangat yang dimana  dapat  bermanfaat dalam menyembuhkan batuk  serat juga  dapat mengatasi radang tenggorokan.
  • Manfaat jahe merah untuk diet
Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, coba meminum air jahe merah secara rutin. Jahe memiliki senyawa yang mampu membakar lemak pada perut serta mengurangi nafsu makan. Namun untuk penderita maag akut, mengkonsumsi jahe merah tak boleh terlalu banyak.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah
Jahe merah memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh dalam pembuangan racun seperti kolesterol jahat yang terdapat dalam darah. Karena jahe merah bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga kolesterol jahat yang biasanya akan menghambat aliran darah akan hancur.

  • Menghilangkan Jerawat
Jahe merah juga bemanfaat dalam menghilangkan jerawat dengan mudah. Karena dalam jahe merah terdapat zat anti peradangan yang dimana zat tersebut berguna untuk mengatasi jerawat, serta kemampuan jahe merah dalam mengurangi produksi minyak dalam kulit dan mengangkat sel kulit mati yang yang dimana merupakan faktor dari timbulnya jerawat
  • Dapat Menghilangkan Sakit Kepala
Manfaat dari jahe merah sangatlah banyak bahkan jahe merah juga dapat menghilangkan sakit kepala. Caranya yaitu siapkan kira- kira 3 ruas jahe merah kemudian bersihkan dan cuci bersih lalu bakar. Kemudian memarkan dan campur dengan madu atau gula lalu beri air aduk dan siap untuk di minum. 

Itulah beberapa manfaat jahe merah bagi kesehatan yang dapat anda dapatkan setelah mengkonsumsi tumbuhan rimpang ini. Ternyata banyak sekali tumbuhan-tumbuhan disekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk obat herbal.
Jahe Merah, Tumbuhan Herbal dengan Segudang Manfaat Rating: 4.5 Posted By: Unknown