Ragam Manfaat Daun Kelor yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Khasiat Daun Kelor - Pernahkah anda mendengar daun kelor? Kelor merupakan tumbuhan yang termasuk golongan suku moringaceae. Tumbuhan ini memiliki daun yang yang berbentuk bulat lonjong serta memiliki ukuran yang kecil serta tersusun dengan rapi pada tangkainya.

Daun kelor biasanya di manfaatkan sebagai masakan sebagai pengobatan serta menjaga kesehatan. Maka dari itulah mengapa pohon kelor ini di sebut dengan Miracle tree.Begitu banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan yang harus kita ketahui.

Kumpulan Manfaat Daun Kelor yang Wajib Diketahui:

  • Menurunkan Berat Badan
Jaman sekarang banyak wanita yang mendambakan tubuh yang ramping dan langsing. Untuk itulah tidak salah kita mencoba menurunkan berat badan dengan cara yang alami sehingga membuat tubuh tetap sehat dan tak beresiko. Daun kelor ini dapat di gunakan sebagai teh yang bermanfaat untuk mengatasi masalah yang terdapat pada pencernaan. Sehingga memberikan efek kepada tubuh agar merangsang melancarkan metabolisme sehingga dapat membakar kalori lebih cepat.

Manfaat Daun Kelor yang Wajib Diketahui
  • Anti Diabetes
Daun kelor memiliki sifat anti diabetes yang berasal dari kandungan seng yang tinggi seperti mineral yang di mana sangat di butuhkan untuk memproduksi insulin. Sehingga daun kelor dapat bermanfaat sebagai anti diabetes yang signifikan
  • Mencegah Penyakit jantung
Menurut Journal of Medicinal Food pada Episode Februari tahun 2009 pada study di laboratorium hewan di katakan bahwa daun kelor bermanfaat dalam mencegah kerusakan jantung serta bermanfaat dalam memberikan anti oksidan. Selain itu menurut penelitian pemberian 200 miligram daun kelor per kilogram berat badan selama 30 hari dapat menghasilkan lipid terosidari lebih rendah serta memeberikan perlindungan pada jaringan jantung dari kerusakan struktural.
Baca Artikel Menarik Lainnya: Kumpulan Manfaat Oatmeal Untuk Tubuh
  • Menyehatkan Rambut
Manfaat daun kelor yang terakhir yaitu dapat menyehatkan rambut, karena daun kelor dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi hidup, dan mengkilap yang di karenakan asupan nutrisi yang lengkap dan tepat. Nutrisi ini hadir di dalam teh yang membuat meningkatnya pertumbuhan rambut.

Cara membuat teh daun kelor yaitu hanya memetik daun kelor yang sudah tua lalu bersihkan dan baru keringkan pada suhu ruangan. Tapi ingat jangan menjemur langsung terkena matahari karena dapat menyebabkan berkurangnya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jika sudah kering lalu tumbuk halus dan simpan pada wadah yang rapat.
  •  Menyehatkan Mata
Daun kelor juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga jika kita mengkonsumsinya secara rutin dapat membuat penglihatan menjadi jernih dan menyehatkan mata. Sedang untuk pengobatan luar dapat menggunakan rebusan dari daun kelor untuk membasuh mata yang sedang sakit. Atau juga dengan cara lain yaitu siapkan 3 tangkai daun kelor kemudian tumbuklah dan masukan kedalam segelas air dan aduklah. Lalu diamkan agar mengendap, jika sudah mengendap maka air tersebut dapat dijadikan obat tetes untuk mata.
  •   Mengatasi Alergi
Ternyata daun kelor juga bermanfaat untuk mengatasi alergi . Caranya dengan siapkan 3 tangkai daun kelor, 1 siung bawang merah, 3 gelas air dan adas pulosari secukupnya. Kemudian semua bahan direbus menjadi satu hingga menyisahkan 2 gelas air. Minumlah ramuan ini yang telah disaring terlebih dahulu setiap harinya.
  • Mengobati Rematik
Manfaat selanjutnya dari daun kelor adalah dapat mengobati rematik, yang dimana rematik terjadi dikarenakan tulang yang kekurangan nutrisi. Daun kelor memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalsium didalam tulang. Daun kelor juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada persendian dikarenakan oleh penumpukan asam urat.
  • Mengobati Herpes / Kurap
Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus golongan famili hepertoviridae.  Yang dimana akan menimbulkan bintik- bintik merah dengan disertai nanah. Cara untuk mengobatinya adalah dengan menyiapkan 3-7 tangkai daun kelor lalu ditumbuk hingga halus dan tempelkan langsung pada kulit yang tekena oleh herpes.
  •  Mengobati Batu Ginjal
Batu ginjal merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena terjadinya penyumbatan pada saluran kemih. Disini kita dapat menggunakan daun kelor untuk mengobatinya. Caranya sangat mudah yaitu cukup dengan  mengkonsumsi daun kelor yang telah di jadikan  masakan secara rutin. Karena daun kelor di percaya akan meluruhkan batu ginjal tersebut.
  • Mengobati Kanker
Kandungan antioksidan dan potasium yang tinggi pada daun kelor bermanfaat untuk mengobati kanker. Karena antioksidan akan bermanfaat dalam menghalangi dari perkembangan sel-sel kanker sedang potasium berfungsi untuk menyingkirkan sel-sel kanker tersebut.
  •  Mengatasi Kulit Kering
Kulit yang kering disebabkan karena kurangnya asupan dari vitamin B2, yang dimana Vitamin B2 bermanfaat untuk untuk menjaga kelembaban kulit. Dengan kita mengkonsumsi secara rutin daun kelor akan membuat kulit terjaga kelembabannya.

  • Mengobati Cacingan 
Anak - anak biasanya akan sering terserang cacingan dan kita tak perlu binggung karena bisa memanfaatkan daun kelor untuk mengobatinya. Caranya siapkan 3 batang daun kelor, 1 batang daun cabe,  1-2 batang daun meniran, kemudian rebus ketiga bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga tersisa menjadi 1 gelas. Diamkan kemudian saring san minum setiap hari.
  • Memperlambat Efek Penuaan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 yang diterbitkan oleh Journal of Ilmu dan Teknologi Pangan. Menyatakan bahwa daun kelor dapat membantu untuk memperlambat dari efek penuaan,Karena daun kelor mampu untuk menyeimbangkan hormon secara alami dengan memanfaatkan antioksidan yang terdapat pada daun kelor. 


Demikianlah kumpulan manfaat daun kelor bagi kesehatan yang harus anda ketahui, dan semoga bermanfaat. Nikmati daun kelor dengan diolah menjadi sayuran yang cukup enak serta sehat bagi tubuh anda. Selamat mencoba.
Ragam Manfaat Daun Kelor yang Mungkin Belum Anda Ketahui Rating: 4.5 Posted By: Unknown