Manfaat Tersembunyi Dari Eceng Gondok

Eceng gondok adalah merupakan tumbuhan yang dapat hidup dengan mudah di air terutama jika air itu kotor, sehingga eceng gondok sering di sebut sebagai tanaman liar atau gulma. Tanaman ini biasa tumbuh di sungai, rawa, kolam, danau dan parik. Eceng gondok juga tumbuhnya sangat cepat sehingga dengan cepat mampu menutupi semua permukaan pada danau atau sungai.

Di balik eceng gondok yang di sebut - sebut dengan tanaman liar atau gulma ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat pada beberapa bagian tumbuhannya tersebut. Misalnya aja manfaat eceng gondok dapat di jadikan suatu produk kerajinan yang bernilai tinggi.
manfaat eceng gondok

Berikut adalah manfaat eceng gondok bagi kehidupan sehari – hari

  • Dapat Menjadi Pupuk Organik 
Eceng gondok merupakan tanaman yang di mana bisa menjadi pupuk organik untuk tumbuhan lain. Cara untuk membuat pupuk organik dari eceng gondok sangat mudah, yaitu dengan menghancurkan eceng gondok dan di campur dengan decomposer. Kemudian lakukan proses selanjutnya yaitu  fermentasi. Pupuk dari eceng gondok ini sangat baik di gunakan pada tumbuhan sayuran serta buah – buahan.
  • Dapat Menyembuhkan Penyakit
Manfaat tersembunyi dari eceng gondok yang kedua yaitu dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Seperti radang tenggorokan, gangguan pada saluran kencing, serta juga penyakit kulit lainnya. Untuk mengatasi radang tenggorokan serta gangguan pada saluran kencing cukup dengan merebus tanaman eceng gondok tersebut lalu saring dan meminumnya. Sedangkan untuk penyembuhan pada kulit, caranya hanya dengan menghancurkan eceng gondok dan beri sedikit garam kemudian tempelkan pada kulit yang bermasalah, misalnya saja jika kita kena bisul bisa tinggal kita tempelkan saja ramuan tersebut pada bisul supaya mengempes dan hilang.
  • Dapat Dijadikan sebagai Bahan Pengganti
Manfaat eceng gondok sangatlah banyak, sehingga  dapat di jadikan sebagai lahan bisnis karena kemampuan eceng gondok yang dapat menjadi bahan pengganti. Bahan pengganti yang di maksud yaitu di mana eceng gondok jika di olah dapat menjadi pengganti dari kertas dan juga rotan.
  • Eceng Gondok Kaya Kandungan Zat – Zat Baik
Eceng gondok memang merupakan tumbuhan liar, akan tetapi eceng gondok ini ternyata memiliki beberapa kandungan zat yang baik. Misalnya saja dalam 1 ons eceng gondok ternyata mengandung 18 kilo kalori, 1 gr protein, 3,8 gr karbohidrat, 80 mg kalsium, 45 mg fosfor, dan 4 mg zat besi. Karena 70 persen dari bagian tumbuhan eceng gondok ini ternyata dapat di konsumsi. Manfaat eceng gondok yang satu ini banyak yang tidak mengetahuinya.

Demikianlah beberapa manfaat tersembunyi dari eceng gondok yang belum banyak di ketahui oleh masyarakat. Semoga bermanfaat.


Manfaat Tersembunyi Dari Eceng Gondok Rating: 4.5 Posted By: Unknown