13 Manfaat yang Perlu Diketahui Apabila Anda Memakan Oatmeal

Oatmeal adalah jenis makanan yang sangat populer saat ini di masyarakat karena fungsi atau manfaat dari oatmeal yang diunggulkan untuk menjaga kesehatan jantung. Selain untuk menjaga kesehatan jantung oatmeal juga sering di gunakan untuk pengganti nasi bagi yang sedang menjalani diet.

Oatmeal selain bagus untuk penderita jantung juga sangat bagus di konsumsi untuk penderita diabetes. Karena manfaat oatmeal juga dapat  untuk membantu serta menjaga kadar kolesterol dan juga gula darah agar selalu normal.

Selain itu juga oatmeal memiliki kandungan magnesium, fosfor, protein, vitamin B , selain akan kaya serat yang tinggi yang dimana merupakan faktor penting untuk menproduksi energi. Adapun manfaat oatmeal untuk kesehatan  sangatlah banyak,sehingga di sini saya akan menjabarkannya.

Manfaat Oatmeal Untuk Tubuh

    Kumpulan Manfaat Oatmeal yang Perlu Diketahui

    • Mencegah Penyakit Kardiovaskular
      Oatmeal  adalah biji – bijian gandum yang utuh yang dimana bermanfaat untuk menurunkan resiko dari ancaman berbagai penyakit kardiovaskular seperti darah tinggi dan diabetes tipe 2. Selain itu juga oatmeal memiliki kandungan lignan yang merupakan senyawa kimia yang dapat mencegah dari penyakit jantung.
      • Menurunkan Berat Badan
      Manfaat Oatmeal yang kedua yaitu dapat menurunkan berat badan. Karena kandungan serat yang tinggi serta rendah akan kalori  dalam oatmeal  sehingga banyak yang memanfaatkan oatmeal sebagai menu utama dalam program dietnya. Karena dengan mengkonsumsi oatmeal saat sarapan dapat membuat kenyang dalam waktu yang lama.
      • Mencegah Kanker
      Oatmeal merupakan makanan yang kaya akan serat, sehingga dapat melancarkan pencernaan. Tahukah anda jika pencernaan sehat maka metabolisme akan lancar, sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah kanker. Selain itu oatmeal mengandung antioksidan yang juga ampuh dalam mencegah penyakit kanker.
      • Mencegah Perkembangan Kanker Payudara
      Dalam beberapa penelitian telah ditunjukkan bahwa jika wanita yang lebih banyak mengkonsumsi serat yang tinggi terutama yang berasal dari gandum dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara. Kandungan serat yang tidak larut di dalam biji – bijian utuh akan menyerang karsinogen serta menurunkan kadar estrogen yang tinggi sehingga dapat melindungi dari perkembangan kanker.
      • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
      Di dalam oatmeal terkandung diantara beberapa jenis serat yang disebut dengan beta-gluten serat. Yang dimana serat ini dapat bermanfaat untuk melindungi dari penyakit jantung serta dapat meningkatkan sistem imunitas. Sehingga dapat membantu sel-sel kekebalan dalam tubuh untuk mencari dan memperbaiki bagian tubuh yang terserang oleh infeksi bakteri.
      • Menstabilkan Tekanan Gula Darah
      Manfaat dari serat sangatlah banyak bagi kesehatan, baik untuk pencernaan serta metabolisme tubuh. Selain itu serat juga bermanfaat untuk menstabilkan tekanan gula darah di dalam tubuh. Jadi sebaiknya konsumsilah makanan yang berserat tinggi setelah anda mengkonsumsi makanan yang manis - manis agar dapat menstabilkan gula darah.
      • Tinggi Antiokasidan
      Oatmeal mengandung antioksidan pada tipe khusus yang disebut dengan avenanthramide. Antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang akan menyerang HDL. Selain itu antioksidan juga akan melindung LDL atau kolesterol jahat dari proses oksidasi, sehingga dapat mengurangi terjadinya terkena penyakit kardiovaskular.
      • Mencegah Perkembangan Diabetes
      Oatmeal merupakan makanan yang kaya akan serat, selain itu juga mengandung magnesium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan gula darah. Sehingga oatmeal sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.
      • Baik Dikonsumsi Penderita Celiac
      Penyakit celiac pada dasarnya tidak dapat mengkonsumsi makanan gluten protein yang biasanya ditemukan pada pizza, roti, pasta, dan makanan yang terbuat dari gandum. Akan tetapi dalam suatu penelitian menyatakan bahwa mereka juga dapat mengkonsumsi oatmeal.
      • Mengatasi Gatal pada Kulit
      Kulit yang gatal dan kering menurut American Academy of Dermatology dikarenakan kulit yang memiliki PH yang tinggi. Oatmael memiliki sifat melembutkan dan melembabkan kulit jika digunakan scrub saat mandi, selain itu oatmel juga dapat menormalkan PH dalam kulit sehingga  rasa gatal mereda dan juga dapat melindungi kulit dari iritasi
      • Exfoliating Alami
      Manfaat Oatmel selain bagus bagi tubuh, ternyata oatmael juga bermanfaat untuk kecantikan, salah satu manfaat dari oatmel bagi kecantikan yaitu dapat menjadi exfoliating alami. Karena jika kita selalu menggunakan scrub terus menerus akan menyebabkan kulit menjadi kemerahan Berikut adalah bahan yang diperlukan yaitu oatmael, minyak kelapa, gula merah, dan air hangat, aduk hingga menyerupai pasta. Scrub pasta oatmel ini akan menjadikan kulit menjadi lebih cerah  tanpa menyebabkan kulit menjadi merah, selain itu kandungan minyak kelapa akan memberikan dampak positif pada wajah agar lebih sehat dan bercahaya.
      • Menyerap Minyak Berlebih dan Kotoran pada Rambut
      Oatmael juga bermanfaat untuk menyerap minyak berlebih dan kotoran pada rambut, cara yaitu cukup dengan menghaluskan oatmael kemudian balurkan pada rambut sehingga minyak pada rambut akan terserap. Selain itu jika kita menggunakan oatmael sebagai sampoo kering akan sangat bermanfaat untuk meringankan gatal di kulit kepala
      • Mengatasi Jerawat
      Oatmeal memiliki sifat dapat menyerap minyak yang berlebih, menghilangkan bakteri, dan dapat meregenerasi kulit dengan cara mengangkat kulit mati, sehingga oatmeal dapat mengatasi permasalah pada wajah baik itu jerawat. 

      Untuk mengatasi jerawat kita buat  pasta dari oatmeal dengan mencampurkan air hangat, kemudian setelah dingin baru kita oleskan merata pada wajah seperti memakai masker dan biarkan selama 15 menit, kemudian bilas jika sudah mengering

      Demikian beberapa manfaat oatmeal untuk kesehatan yang harus anda ketahui. Untuk membuat oatmeal yang lezat untuk di konsumsi dapat juga menambahkan dengan dengan buah-buahan agar rasanya tidaklah hambar. Selamat mencoba makanan sehat namun cukup lezat untuk dikonsumsi.
      13 Manfaat yang Perlu Diketahui Apabila Anda Memakan Oatmeal Rating: 4.5 Posted By: Unknown