Brokoli, Sayuran Paling Bergizi di Dunia dengan Banyak Manfaat

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan. Sayuran hijau ini kaya akan kandungan mineral dan dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat brokoli hijau untuk kesehatan tubuh sangat beragam, seperti memperkuat imunitas tubuh yang rentan terhadap penyakit. Sayuran hijau yang jarang menjadi favorit karena rasanya yang juga tak terlalu istimewa ini ternyata mengandung khasiat berlimpah, lho.

manfaat brokoli untuk ibu hamil

Brokoli dapat diolah menjadi beragam makanan, namun salah satu cara terbaik untuk mengolah brokoli adalah degan mengukusnya. Dengan mengukus, kandungan gizi dalam brokoli tetap terjaga. Brokoli dapat dicampur dengan bahan-bahan lain untuk membuat rasa brokoli menjadi lebih enak. Nah, berbagai olahan brokoli ini perlu dikonsumsi karena brokoli banyak berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh ini? Simak, yuk!

Empat Manfaat Brokoli Bagi Tubuh:

  • Menjaga Kesehatan Mata
Layaknya sayuran lain seperti wortel atau kacang panjang, kandungan vitamin A pada brokoli sangat baik untuk kesehatan mata. Sayuran yang diklaim menjadi sayuran nomor satu paling bergizi di dunia ini juga mengandung lutein yang mampu menjaga kerusakan mata akibat paparan sinar matahari atau pun penuaan.
  • Menjaga Kesehatan Tulang
Manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh yang lain adalah menjaga kesehatan tulang. Brokoli merupakan salah satu sumber kalsium yang baik. Kalsium dalam brokoli ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sekalin itu, kandungan vitamin K dalam brokoli juga mampu mencegah risiko osteoporosis.
  • Sumber Antioksidan
Kandungan vitamin C yang tinggi pada brokoli berperan penting untuk membantu memerangi radikal bebas. Selain itu, brokoli juga merupakan gudangnya fitronutrisi yang bertindak sebagai antioksidan. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa fitronutrisi ini dapat memodifikasi sinyal positif pada tingkat reseptor molekul yang dapat melindungi tubuh dari risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, prostat, usus besar, kandung kemih, dan pankreas.
  • Antidepresan
Suasana hati yang tak stabil, stress, dan kelelahan biasanya disebabkan oleh kurangnya asam folat dalam tubuh. Kurangnya asam folat ini juga dapat membuat tubuh mengalami depresi serta daya ingat yang buruk, yang bahkan lebih serius dari skizofrenia. Brokoli merupakan salah satu sumber asam folat. Bahkan, satu cangkir brokoli dapat memberikan Anda sekitar 24 % dari kebutuhan harian, lho.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Brokoli tergolong dalam sayuran yang kaya akan manfaat bahkan untuk menjaga kesehatan jantung. Karena dalam brokoli mengandung senyawa glucoraphanin yang lebih banyak, sehingga senyawa tersebut dapat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

  • Membantu Untuk Menurunkan Berat badan

Brokoli kaya akan serat , vitamin dan mineral serta rendah kalori dan lemak, sehingga brokoli sangat baik dikonsumsi dalam program diet.  Karena sayuran ini dapat membuat perut terasa kenyang untuk waktu yang lama, sehingga dapat membantu dalam proses menurunkan berat badan.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Brokoli kaya akan kandungan vitamin C  serta antioksidan yang di mana kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam meningkatkan system kekebalan tubuh untuk melawan virus, bakteri dan infeksi.

  • Mengobati Penyakit Asma

Kandungan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6 dan mineral dalam brokoli  membuat  sayuran super ini tergolong dari sayuran anti-karsinogenik. Sehingga untuk mengobati penyakit asma kita bisa mengkonsumsi brokoli kukus setiap hari.

Nah, ternyata sayuran hijau yang seperti rambut kribo ini banyak mengandung khasiat, ya. Selain ulasan di atas, manfaat brokoli baik untuk ibu hamil dan ada lebih banyak lagi. Hal itu karena, brokoli memang salah sayuran yang mengandung gizi terbanyak di dunia. Kandungan mineral dan vitamin dalam brokoli bisa membantu tubuh Anda lebih sehat. Maka dari itu, jangan ragu-ragu untuk memasukkan brokoli ke dalam daftar sayuran favorit Anda, ya.

Brokoli, Sayuran Paling Bergizi di Dunia dengan Banyak Manfaat Rating: 4.5 Posted By: Unknown