10 Manfaat Buah Mengkudu Yang Baik Untuk Wanita?

Buah mengkudu merupakan salah salah satu buah yang sudah dikenal di dunia pengobatan tradisional selama 200 tahun. Buah yang tumbuh di dataran rendah ini disebut sebagai obat nyeri sendi dan obat untuk penyembuh penyakit dari dalam. Nah, apakah Anda tahu apa saja manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh ini?

Buah mengkudu terkenal dengan zat antioksidan super yang terkandung di dalamnya. Dalam buah mengkudu sendiri terkandung 150 fitronutrien yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Fitronutrien sangat bermanfaat untuk anti-inflamasi, anti-virus, anti-bakteri, meningkatkan imunitas seluler dan berperan untuk perbaikan sel tubuh.

manfaat buah mengkudu

Maka dari itulah, buah mengkudu sangat baik untuk kesehatan, khususnya kesehatan wanita. Ingin tahu mengapa manfaat buah mengkudu sangat baik untuk wanita? Yuk, simak ulasannya!
  • Mencegah Resiko Osteoporosis Dini
Wanita mamang lebih rawan terkena risiko tulang keropos dari pada pria. Hal itu karena, hormon esterogen yang menyebabkan wanita mempunyai siklus khas, seperti haid, kehamilan, dsb, membuat wanita kehilangan banyak kalsium. Kandungan asam kapril, metil asetil, morindin, dan beberapa zat lain dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang Anda. Nah, bagi Anda yang belum terbiasa meminum jus mengkudu, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk pil.
  • Menjaga Kesehatan Kulit
Kulit dan kecantikan memang tak bisa dilepaskan dari wanita. Nah, bagi Anda yang mengalami kulit kering dan kasar, Anda dapat mencoba salah satu manfaat buah mengkudu bagi kulit ini. Buah yang kaya akan vitamin A, C, dan E merupakan buah yang sangat baik untuk menutrisi kulit. Cara membuat buah mengkudu untuk perawatan kulit adalah, menumbuk halus buah mengkudu secukupnya, lalu oleskan ke seluruh tubuh. Untuk kulit kering gunakan selama 2 kali seminggu.
  • Memulihkan PMS
Wanita yang akan menjelang masa menstruasi akan lebih sensitif dan rentan marah karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Menurut penelitian, buah mengkudu dikenal memiliki senyawa-senyawa yang dapat meminimalisir perubahan mood dan emosi wanita selama PMS atau Premenstrual Syndrome. Kandungan zat dalam buah mengkudu terbukti dapat mengendalikan produksi hormone serotonin yang membuat mood-swing pada wanita semasa PMS.
  • Dapat menghilangkan jerawat
Manfaat buah mengkudu yang lain yaitu dapat menghilangkan jerawat, karena dalam mengkudu terdapat zat-zat yang  dapat melawan penyebab timbulnya jerawat, serta juga dapata menghilangkan bekas-bekas jerawat. Caranya yaitu kita ambil dulu mengkudu yang sudah matang dan besih, lalu blender hingga halus lalu saring. Kemudian bersihkan wajah dan aplikasikan air mengkudu tadi kewajah dan biarkan kurang lebih 20 menit hingga kering, kemudian basuh wajah menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Dapat Menghilangkan Ketombe 
Ketombe adalah salah satu problem pada rambut yang sering terjadi dan dapat membuat tidak percaya diri dan malu akan rasa gatal yang ditimbulkannya. Akan tetapi tidak perlu risau karena kita bisa memafaatkan buah mengkudu untuk menghilangkannya. Caranya yaitu ambil buah mengkudu yang sudah matang lalu haluskan, lalu balurkan ke rambut secara merata terutama pada kulit kepalanya diamkan selama kurang lebih 25 menit. Kemudian bilas sampai bersih atau juga dengan keramas agar bau dari mengkudu hilang.
  • Untuk Kanker
Saat ini sangat rentan tubuh kita terserang akan berbagai penyakit bahkan seperti kanker, dan untuk para wanita yang sangat menakutkan adalah kanker payudara dan kanker serviks. Untuk mencegahnya sebaiknya kita perbanhyak untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak anti kanker. Salah satunya yaitu kita bisa mengkonsumsi mengkudu dengan cara membuat jus, karena manfaat dari mengkudu sendiri dapat sebagai anti kanker.
  • Untuk Mengobati Cacar
Ternyata buah mengkudu juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati cacar, baik buah maupun daunnya. Untuk buahnya kita bisa menyiapkan 2 buah mengkudu yang telah matang, lalu blender dan beri sedikit air, saring dan buang ampasnya. Atau juga dapat memarut buah mengkudu lalu peras dan ambil sarinya untuk dimunum 2-3 kali perhari sebanyak setengah gelas. Sedang untuk daunnya bisa kita ambil beberapa helai daun mengkudu yang masih muda cuci bersih dan tumbuk halus dan tambahkan sedikit garam dan tempelkan pada kulit yang ruam-ruam bengkak dikarenakan cacar hinya mengering. Lakukan setiap hari sehabis mandi dengan air hangat.
  • Untuk Mengobati Penyakit Stroke
Manfaat buah mengkudu yang selanjutnya yaitu dapat mengobati penyakit stroke, karena kandungan senyawa Scopoletin dalam buah mengkudu yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah yang mengecil agar peredaran darah menjadi lancar dan terhindar dari serangan penyakit stroke. Tidak hanya itu ternyata buah mengkudu akan menstimulasi tubuh agar dapat memproduksi nitrit oksida yang berperan dalam melebarkan dan melemaskan pembulu darah sehingga dapat mengurangi tekanan terhadap arteri dan jantung. Sehingga buah mengkudu sangat mujarab untuk memperbaiki sistem peredaran darah dan kardiovaskular penyebab stroke serta menyembuhkannya.
  • Mengobati Limpa Yang Membesar
Buah mengkudu juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati limpa yang membesar di karenakan infeksi. Caranya yaitu kita siapkan dua buah mengkudu yang matang dan sedikit cuka yang encer. Kemudian parutlah buah mengkudu dan campurkan dengan cuka yang encer tersebut lalu peras dan minumlah secara rutin sari mengkudu tadi 1 kali sehari.
  • Untuk Mengobati Amandel
Untuk mengobati amandel juga bisa menggunakan ramuan dari buah mengkudu. Caranya yaitu siapkan 1 buah mengkudu, 100 ml air matang dan 1 sendok teh madu. Pertama kita parut buah mengkudu lalu campur dengan air matang, lalu aduk hingga tercampur rata. Kemudian diamkan dan ambil beningnya lalu beri madu dan  buatlah kumur.

Nah, manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh khususnya untuk para wanita yang sering mengalami masalah dengan hormonnya, memang cukup banyak, ya. Selain manfaat di atas, buah mengkudu ternyata mengandung zat anti kanker yang dapat membantu mengatasi kanker, khususnya kanker payudara yang lebih rentan diderita oleh wanita.

10 Manfaat Buah Mengkudu Yang Baik Untuk Wanita? Rating: 4.5 Posted By: Unknown