5 Manfaat Super Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh

Beras merah merupakan salah satu varian beras yang cukup banyak dikonsumsi warga di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan beras putih biasa, manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh lebih banyak. Oleh sebab itu, harga beras merah menjadi lebih tinggi dibandingkan beras putih biasa.

Namun sayang, mayoritas masyarakat Indonesia lebih memilih mengonsumsi beras putih biasa daripada beras merah. Ini disebabkan karena jarangnya produsen yang menanam beras merah serta kemampuan adaptasinya yang rendah. Meskipun demikian, nilai gizi yang tinggi sebanding dengan harganya.

Lima manfaat beras merah untuk kesehatan

  • Membantu menurunkan berat badan
Banyak orang yang sudah mengakui manfaat beras merah untuk diet. Selain mengandung kalori yang cukup rendah, beras merah sangat efektif mencegah perut menjadi buncit karena kelebihan kalori. Kandungan kompleks didalamnya akan menyuplai energi secara berkala agar anda tak cepat lapar.
  • Menyehatkan sistem pencernaan
Tingginya kandungan serat pada beras merah dapat memperlancar pencernaan sehingga permasalahan kesehatan seperti sembelit dapat dihindari. Mulai sekarang, perbanyaklah mengkonsumsi makanan alami ini untuk menjaga kesehatan pencernaan dalam jangka panjang. Metabolisme tubuh akan lancar karena serat yang terkandung pada beras merah.
  • Mengontrol gula darah sehingga baik untuk penderita diabetes
Selain dua manfaat di atas, manfaat beras merah untuk diabetes sudah dipercaya sejak lama. Bagi anda yang menderita diabetes, ada baiknya mengkonsumsi beras merah. Kandungan serat pada beras yang bernama latin Oryza nivara ini memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih.
  • Menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) 
Jika Anda memiliki masalah dengan kolesterol tinggi, cobalah mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih biasa. Karena kandungan beras merah dapat membantu meningkatkan produksi HDL (kolesterol baik) dan secara bersamaan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang bisa memicu penyakit jantung.
  • Mencegah terjadinya batu empedu
Dalam berbagai penelitian yang telah dilakukan, makanan yang tinggi serat dapat mencegah terbentuknya batu empedu. Serat pada beras merah sangat mudah dicerna oleh organ pencernaan sehingga membantu melarutkan sisa makanan dan mencegah munculnya batu empedu pada tubuh.

  • Mencegah Kanker
Manfaat beras merah yang baik untuk kesehatan yang lain yaitu dapat mencegah kanker. Karena kandungan Selenium dan Polifenol yang terdapat pada beras merah yang di man dapat mencegah dari terkena kanker usus besar. Selain selenium dan polifenol, beras merah juga mengandung serat serta anti oksidan yang tinggi yang dimana juga dapat bermanfaat untuk mencegah kanker sdisebabkan karena yang paparan radikal bebas.
  • Menjaga Kesehatan Tulang
Untuk menjaga dari kesehatan tulang dan gigi di butuhkan Vitamin C dan Kalsium. Selain Vitamin C dan Kalsium terdapat juga Magnesium yang juga memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Maka dari itu kandungan Magnesium yang terdapat dalam beras merah sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Sebagai Sumber Energi
Beras merah terkandung Vitamin B yang dimana vitamin tersebut sangat bermanfaat dalam pembentukan energi di dalam tubuh. Dengan memiliki kecukupan akan Vitamin B dapat membantu dalam membentuk energi pada sel dalam tubuh.
    Setelah mengetahui lima manfaat beras merah yang baik untuk kesehatan di atas. Tak ada salahnya untuk mengganti makanan harian nasi putih dengan beras merah. Selain membantu memelihara kesehatan tubuh, beras merah juga bermanfaat untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi.

    5 Manfaat Super Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Posted By: Unknown