Beragam Manfaat Lain dari Beras, Apa saja?

Beras memang tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Dari pada kentang, sagu, gandum dan juga jagung, beras lebih banyak dipilih oleh masyarakat local sebagai makanan pokok sehari-hari. Salah satu manfaat beras bagi kesehatan tubuh yang tak diragukan adalah mencukupi kebutuhan energi.

Bukan hanya berguna sebagai sumber makanan yang dapat mensuplai asupan energi tubuh dan nutrisi harian, beras juga memiliki beragam manfaat lainnya. Penasaran apa saja manfaat lain dari beras? Yuk simak beragam khasiat beras untuk tubuh Anda berikut ini!

Manfaat Beras Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat beras

  • Menjaga kesehatan jantung 
Kesehatan jantung sangat bergantung pada jumlah kolesterol yang terdapat di dalam tubuh. Untuk menjaga jumlah kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil, dibutuhkan makanan yang rendah kolesterol. Salah satu makanan rendah kolestrol adalah beras. Jadi, jika Anda ingin menjaga jantung tetap sehat, beras bisa jadi alternatif pilihan yang bijaksana.

  • Mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi
Hipertensi merupakan penyakit yang membahayakan keselamatan jiwa seseorang. Beberapa makanan yang mengandung banyak sodium harus dihindari oleh penderita penyakit ini karena menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah dan juga meningkatkan stress. Untuk itu, jangan ragu untuk memilih beras sebagai bahan makanan pokok Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

  • Merawat kesehatan wajah
Bukan hanya untuk kesehatan, manfaat beras untuk kulit dapat anda gunakan. Di dalam beras terkandung senyawa fenolik yang sangat baik untuk mencegah penuaan kulit yang ditandai dengan terjadi pengeriputan. Anda juga bisa menjadikan beras sebagai masker wajah untuk mencegah terjadinya peradangan kulit berbahaya.

  • Mencegah pertumbuhan sel kanker
Beras juga terbukti ampuh menjadi makanan yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Makanan yang banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok ini mampu menangkal kanker kolorektal dan juga kanker usus. Ini karena di dalam beras terkandung serat alami yang menyehatkan. Bukan hanya itu, beras juga mengandung vitamin C, vitamin A, flavonoid serta fenolik.

  • Menyehatkan organ pencernaan
Beras juga mengandung serat yang terbukti menyehatkan organ pencernaan. Serat berguna untuk meringankan kerja usus dan organ pencernaan lainnya saat mengolah makanan menjadi sari makanan yang siap diedarkan ke seluruh tubuh. Dengan demikian, buang air besar pun akan semakin lancar dan Anda pun terhindar dari sembelit.

  • Mencegah Dari Peradangan Pada Kulit
Beragam manfaat lain dari beras yaitu dapat mencegah terjadinya peradangan pada kulit. Kandungan beberapa senyawa yang terdapat beras seperti senyawa fenolik yang di mana dapat mencegah atau menangkal terjadinya beberapa peradangan yang terjadi pada kulit serta juga dapat menunda terjadinya keriput pada wajah.

  • Mengandung Mineral dan Vitamin

Kandungan vitamin dan juga mineral yang terkandung dalam beras sangat bermanfaat untuk menjagakesehatan kulit dan rambut. Kandungan vitamin yang terkandung dalam beras seperti Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin B1 dapat mengecilkan pori – pori serta juga membuat kulit menjadi lebih putih. Selain itu juga beras memiliki kandungan asam ferulic yang bermanfaat sebagai anti oksidan serta juga megandung alantonin atau biasa di sebut juga dengan anti – inflamasi. Selain itu kandungan yang terdapat dalam beras juga dapat mempercepat dalam proses pengelupasan sel kulit mati sehingga memperlancar dalam regenerasi kulit.

  • Sebagai Pemutih Wajah

Biasanya kita ingin lebih putih selalu menggunakan kosmetik yang ada di pasaran. Padahal kosmetik tersebut menggunakan pemutih yang terdapat dalam  beras. Karena Vitamin B yang terdapat dalam beras dapat membuat kulit menjadi lebih putih bersinar. Jadi mulai sekarang alangkah baiknya untuk membuat masker pemutih dari beras sendiri di rumah, selain alami, juga aman dan irit di kantong.


Nah, sekarang Anda sudah tahu kan beragam manfaat beras bagi kesehatan tubuh lainnya? Agar potensinya yang menyehatkan semakin maksimal, jangan lupa untuk memilih makanan pendamping yang tepat dan menyehatkan, ya, seperti sayur-sayuran serta daging atau ikan. Untuk melengkapi kebutuhan gizi, tak ada salahnya juga menambahkan aneka buah segar ke dalam menu harian Anda.
Beragam Manfaat Lain dari Beras, Apa saja? Rating: 4.5 Posted By: Unknown