Tahukah Anda Manfaat Daun Salam Berikut Ini?

Opor ayam, menu masakan yummy ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak akan sempurna rasanya jika memasak kuliner berkuah kuning ini tanpa daun salam. Memang, manfaat daun salam yang paling terkenal adalah sebagai pendamping ibu memasak di dapur.

Namun, disamping manfaat utamanya tersebut, daun salam juga memiliki banyak manfaat lain yang juga tak kalah pentingnya, lho. Ingin tahu apa saja khasiat dari daun salam? Yuk simak detailnya di bawah ini!

Kumpulan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

  • Membantu menurunkan berat badan
Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, Anda bisa mengambil manfaat daun salam untuk diet.  Caranya sangat mudah. Cuci 20 hingga 30 lembar daun salam kemudian rebus bersama 4 gelas air, lalu didihkan. Setelah air tersisa 2 gelas, angkat dan dinginkan. Minum 2 kali sehari saat pagi dan malam masing-masing 1 gelas.

  • Menurunkan kolesterol dan diabetes
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kolesterol, tak ada salahnya mencoba daun salam untuk mengobatinya. Bukan hanya itu, daun salam juga mampu menurunkan kadar gula darah yang menyebabkan diabetes. Cara untuk menggunakannya rebus 10-15 lembar daun salam segar dengan 3 gelas air. Didihkan sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin, saring air rebusan daun salam tersebut dan minum sekaligus di malam hari.

  • Mengatasi asam urat
Selain untuk mengobati diabetes dan kolesterol, daun salam juga berkhasiat untuk mengobati penyakir asam urat, lho. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu mengonmbinasikan daun salam dengan sereh. Manfaat daunsalam untuk asam urat ini memang sudah tidak diragukan lagi. Anda bisa merebusnya dan meminum air bekas rebusan tersebut.

  • Mengobati maag akut
Perut terasa melilit karena sakit maag yang tak kunjung sembuh? Tak ada salahnya mencoba meminum air rebusan daun salam. Daun salam memiliki zat yang terbukti berkhasiat untuk menenangkan perut saat sakit maag. Didihkan 16 hingga 20 lembar daun salam ke dalam setengah liter air bersama dengan gula merah secukupnya. Minum air rebusannya secara teratur, maka maag pun akan hilang secara perlahan.

  • Merawat mata yang sakit
Sakit mata memang tak berbahaya jika dibandingkan dengan kanker dan penyakit kronis lainnya. Meskipun demikian, penyakit satu ini jika dibiarkan akan mengganggu aktivitas harian. Untuk mengatasinya, bantu dengan air rebusan daun salam. Rebus beberapa lembar daun salam (sesuai kebutuhan) dan dinginkan. Biarkan beberapa saat hingga mengendap. Gunakan air tersebut untuk membasuh mata yang sakit.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi 
Tekanan darah tinggi biasa terjadi di karenakan pola makan yang tidak di jaga, namun jangan di anggap sepele dengan penyakit ini. Karena jika di biarkan akan berdampak lebih buruk lagi untuk kesehatan. Dengan rebusan daun salam ini dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi , yaitu dengan merebus 10 - 15 lembar daun salam segar dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, kemudian dinginkan dan saring. Minum dipagi hari saat perut kosong, ampasnya tadi masih bisadi gunakan untuk sore harinya.
  • Dapat memutihkan gigi
Manfaat lain daun salam yaitu dapat digunakan sebagai pasta gigi yang dapat memutihkan gigi. Caranya yaitu jemur daun salam dan kulit jeruk , lalu tumbuk hingga halus kemudian campur dengan air hingga menjadi pasta dan siap deh di gunakan sebagai pasta gigi.
  • Mengatasi diare
Diare adalah masalah kesehatan yang sering terjadi, kita dapat juga memanfaatkan daun salam untuk mengobatinya. Caranya yaitu dengan mengambil 15 lembar daun salam kemudian rebus dengan 2 gelas  air dan beri sedikit garam biarkan dingn dan segera minum supaya diare reda.
  • Mengatasi rambut rontok dan ketombe
Dengan menggunakan air dari rebusan daun salam sebagai bilasan saat keramas dapat menghilangkan ketombe. Selain itu juga daun salam juga bermanfaat dalam mengatasi kerontokan rambut yang sangat menyebalkan. Selain dengan cara tersebut juga bi mengunakan minyak daun salam untuk di gunakan sebagai tonik untuk menghilangkan ketombe dan kerontokan.
  • Menghilangkan kutu 
Kutu rambut adalah adalah hal yang sangat memalukan apa lagi jika kita sudah dewasa. Untuk itu sebaiknya gunakan ramuan dari daun salam untuk mengusir kutu rabut agar pergi selamanya. Caranya yaitu rebuslah 50 gr daun salam dan 400 ml air hingga air menjadi berkurang hingga menjadi ¼, lalu aplikasikan rebusan itu pada rambut dan diamkan 3 hingga 4  jam dan lalu bilas hingga bersih.
  • Meredakan kulit stress
Kulit yang stress dapat di atasi dengan mengunakan daun salam sehingga dapat mencegah kulit menjadi keriput. Caranya yaitu adalah dengan mendidihkan 5 daun lembar salam yang sudah mengering dengan 2 gelas air dan tutup. Yang di gunakan adalah uap dari rebusan ini dengan langsung menutup kepala dengan handuk.

Kini, Anda sudah tahu bukan manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh? Jangan segan untuk menggunakan daun yang satu ini untuk mengobati penyakit Anda. Meskipun tak banyak orang yang melakukannya, jadilah si pelopor yang bisa mengajak saudara dan kerabat untuk menggunakan daun salam sebagai obat herbal yang menyehatkan.
Tahukah Anda Manfaat Daun Salam Berikut Ini? Rating: 4.5 Posted By: Unknown