Segudang Khasiat Kopi yang Perlu Anda Ketahui

Apakah kopi merupakan teman Anda saat sedang lelah dan suntuk dengan tugas-tugas sehari-hari? Minuman satu ini, memang menjadi salah satu minuman favorit di kala pekerjaan menumpuk. Bahkan di Indonesia, gerai-gerai kopi yang sekarang telah menjamur pun tak pernah sepi dari pengunjung. Tapi, apakah Anda tahu apa manfaat kopi ini?

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa kopi merupakan minuman yang tidak menyehatkan, ya? Namun, tidak semua anggapan itu benar. Bila tidak dikonsumsi secara berlebihan, kopi pun dapat membantu kita untuk sehat, lho. Apa saja, ya manfaat kopi untuk tubuh kita? Simak, yuk!
manfaat kopi

Kumpulan Manfaat Kopi yang Baik Bagi Tubuh

  • Anti-Depresan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum 2 gelas kopi per hari dapat mengurangi resiko bunuh diri pada wanita. Penyebabnya adalah pada kandungan kafein dan aroma kopi yang disinyalir memicu aktivitas gen pelindung sel saraf. Tapi, pada penelitian tersebut juga disebutkan bahwa mengonsumsi lebih dari 2 cangkir dan tanpa diimbangi makanan bergizi juga dapat membahayakan tubuh.
  • Mempercantik dan Menyehatkan Kulit
Kopi sangat terkenal akan kandungan kafeinnya sebagai antidepresan. Tapi, ternyata manfaat kopi untuk kulit juga cukup banyak, lho. Ampas pada kopilah yang sangat baik untuk kulit. Jika Anda sayang untuk membuang ampas kopi yang Anda minum, buat saja masker kopi untuk merawat wajah Anda.

Cara membuat masker kopi adalah dengan mencampurkan ampas kopi denganminyak zaitun dan bubuk bengkoang. Gunakan pada wajah Anda selama 15 menit dan bilas. Masker ini akan membantu Anda untuk mencerahan wajah. Selain itu, ampas kopi juga dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah jika digunakan dengan cara mengusap-usapkan ampas pada wajah.
  • Menurunkan Berat Badan
Kandungan kafein sebanyak 1-5,5% dapat membantu Anda untuk menekan nafsu makan yang berlebih. Jika Anda mempunyai masalah dengan berat badan, Anda dapat mencoba manfaat kopi untuk diet ini. Tapi, efek samping mengonsumsi kopi untuk diet ini adalah hilangnya banyak cairan pada tubuh Anda. Maka dari itu, konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin diet dengan kopi ini.
  • Mencegah Kanker Kulit
Selain terkenal sebagai anti depresan dan penambah stamina, kopi juga terbukti dapat membantu melawan penyakit berbahaya seperti kanker, khususnya kanker kulit. kanker kulit dapat dicegah dengan meminum kopi dengan porsi yang tepat. Dalam sebuah penelitian, dibuktikan bahwa wanita yang meminum 2 gelas per hari lebih kecil kemungkinannya untuk mengidap kanker dari pada wanita yang tidak meminum kopi.
  • Meningkatkan Stamina
Kandungan kafein yang tinggi dalam kopi dapat mempengaruhi kinerja sel serta melambatkan pergerakannya, yang dimana  dalam tubuh terdapat sel adenosin yang membuat perasaan ingin tidur ke otak. Oleh karena dengan mengkonsumsi kopi membuat tubuh menjadi segar lebih lama.
  • Meningkatkan Memori
Kopi merupakan minuman yang mampu meningkatkan memori, baik memori jangka panjang atau jangka pendek. Karena dalam suatu penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein dapat meningkatkan memori jangka pendek serta memiliki kecepatan bereaksi.

  • Mencegah resiko terkena kanker mulut dan melindungi gigi
di dalam kopi terdapat senyawa yang mampu mengurangi resiko terkena kanker mulut serta menekan perkembangan sel kanker. Sifat Anti Bakteri dan anti perekat dalam kopi sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam masalah yang terjadi dalam mulut seperti gigi berlubang, infeksi gusi, dan pembentukan plak.
  • Mencegah terjadinya kanker dan diabetes
dalam suatu penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi kopi dapat mencegah terkena kanker payudara, kanker hati dan kanker usus besar. Selain itu kopi dapat  mengurangi gula darah yang tinggi pada penderita diabetes. Karena kopi dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh.


Ternyata, anggapan bahwa kopi tidak sehat tidak sepenuhnya benar, ya? Manfaat kopi juga banyak yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang tepat. Meminum kopi sebanyak dua cangkir per hari adalah porsi paling tepat untuk tubuh. Selain itu, jika Anda menderita gangguan lambung, lebih baik mengonsumsi kopi setelah makan untuk menghindari penyakit lambung.

Segudang Khasiat Kopi yang Perlu Anda Ketahui Rating: 4.5 Posted By: Unknown