Beragam Manfaat Pare Bagi Tubuh yang Perlu Diketahui

Jika Anda merupakan penggemar sayuran pare, jangan lewatkan manfaat pare untuk kesehatan tubuh yang akan dibahas di artikel kali ini. Pare atau terkadang disebut dengan peria, adalah sayuran yang terkenal akan rasa pahitnya. Bagi para penggemar Pare, rasa pahit inilah yang menjadi pesona sayuran ini. di balik rasanya yang pahit, ternyata pare memiliki segudang manfaat, lho. Simak, yuk!

Manfaat Pare bagi Kesehatan Tubuh

  • Menambah Sistem Kekebalan Tubuh
Buah yang kaya antioksidan ini dapat membersihkan sistem dalam tubuh Anda. Untuk membantu melawan infeksi ringan dan mempertebal ketahanan tubuh cukup rebus daun pare atau buahnya ke dalam air dan minum setiap hari.
manfaat pare
  • Obat Penyakit jantung
Pare sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena, pare dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang berpotensi menyumbat dinding arteri. Pare juga diketahui dapat menurunkan kadar gula darah, yang juga dapat berguna untuk kesehatan jantung.
  • Mengobati Masalah Terkait Gangguan Darah
Manfaat sayuran pare yang tak kalah menarik adalah pare bisa membantu untuk menyingkirkan jerawat, noda, infeksi kulit luar,bisul, kudis, gatal-gatal, psoriasis, dan penyakit jamur lainnya. Caranya adalah dengan meminum jus pare dengan lemon saat perut kosong selama 6 bulan rutin.
  • Anti-Aging
Kandungan vitamin C pada pare ada 84 mg untuk setiap porsi 100gr. Vitamin C dalam pare juga berkhasiat sebagai antioksidan yang membantu menghilangkan radikal berbahaya sehingga mencegah kulit keriput. Vitamin C juga dapat digunakan sebagai perlindungan kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet matahari.
  • Anti Ketombe 
Ketombe merupakan salah satu masalah umum pada rambut yang sulit disebuhkan. Untuk menangkal ketombe dengan pare, Anda bisa mengkonsumsi campuran jus pare dan jinten. Penggunaan rutin akan menyingkirkan ketombe dari rambut Anda dalam waktu satu bulan.
  • Membantu Penderita Wasir
Dalam suatu penelitian menyatakan bahwa kandungan anti inflamasi dalam pare dapat meringankan gejala wasir. Anda biasa memanfaatkan akan tanaman pare ini untuk dibuat menjadi pasta dan lakukan secara topikal maka dapat membantu menguangi peradangan dan dapat mengurangi rasa sakit serta pendarahan akibat dari gejala wasir.
  • Membantu Program Diet
Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam menjalankan diet, kita harus mengkonsumsi makanan yang lebih banyak rendah kalori. Pare merupakan sayuran yang mengandung rendah lemak. Untuk itulah mengapa pare sangat bagus dalam membantu program diet anda. Bahkan pare sangat bagus bagi penderita diabetes dalam menjalankan dietnya agar lancar.
  • Mengobati Diabetes
Sayuran pare dapat dijadikan salah satu alternatif makanan untuk penderita diabetes. Karena di dalam sayuran pare memiliki sifat hipoglikemik atau bersifat sebagai penurun kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu jika penderita diabetes mengkonsumsi pare secara rutin maka akan membuat kadar gula darah menjadi normal. Karena rasa pahit yang terdapat pada sayur pare dapat bermanfaat sebagai penurun kadar gula yang cenderung untuk naik. 
  • Menyuburkan Rambut
Manfaat sayur pare yang selanjutnya yaitu dapat menyuburkan rambut. Caranya yaitu sangat mudah, pertama-tama siapkan segenggam daun pare yang telah dicuci, kemudian tumbuklah hingga halus. Setelah halus beri 3/4 air dan diamkan semalaman atau diembunkan, di pagi harinya saring dan pakailah airnya untuk membasuh kulit kepala anda.
  • Mengobati Disentri
Sayur pare ternyata juga dapat menyembuhkan disentri dengan menjadikannya pare menjadi jus. Memang benar akan kebayang betapa pahitnya dan tidak enaknya jus pare. Untuk membuat jus pare sangat mudah yaitu dengan mencuci bersih pare yang telah dibuang isinya, bisa di parut atau di jus kemudian saring dan minumlah airnya. Untuk diingat agar sesegera mungkin untuk segera meminum jus ini. Untuk hasil maksimal minumlah jus pare ini sehari satu kali dengan takaran 200 cc sekali minum.
  • Melegakan Pernafasan
Sayur pare juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa tak nyaman yang disebabkan oleh gangguan dari pernafasan. Karena didalam pare yang pahit dapat membuat sel-sel pengecap dalam saluran pernafasan menjadi terbuka lebar. Jika saluran pernapasan sudah terbuka lebar maka secara otomatis sirkulasi udara menjadi lancar.
  • Untuk Kecantikan 
Sayur pare juga bermanfaat untuk kecantikan, terlebih untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Jika melakukan secara rutin menggunakan masker wajah dari sayur pare maka akan mengatasi berbagai masalah yang timbul pada wajah. Selain itu masker pare juga dapat membantu dalam mengembalikan kesehatan wajah yang sering terpapar sinar ultraviolet.
  • Melancarkan ASI
Sudah sejak dahulu bahwa nenek moyang kita mengetahui bahwa sayur pare bermanfaat bagi ibu hamil untuk melancarkan dan meningkatkan produksi dari ASI. Tidak hanya itu, ternyata sayur pare juga dapat membuat ASI menjadi kental sehingga membuat bayi lebih kenyang. 

Nah, ternyata sayuran pahit ini juga banyak mengandung khasiat yang luar biasa, ya. maka dari itu, janganlah segan untuk meminum pare walaupun pahit, karena banyak manfaat pare untuk kesehatan tubuh.

Beragam Manfaat Pare Bagi Tubuh yang Perlu Diketahui Rating: 4.5 Posted By: Unknown