Kumpulan Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Baking soda adalah merupakan salah satu bahan untuk membuat kue. Dalam dunia pastry sudah cukup dikenal manfaat baking soda digunakan sebagai bahan dari pembuat kue yang berfungsi untuk mengembangkan adonan. Pemakaian baking soda biasanya untuk membuat kue bolu maupun kue kering dan masih banyak lagi.

Baking soda sangatlah berbeda dengan baking powder, karena dalam dunia pastry biasanya takaran untuk menggunakan baking powder lebih banyak dari pada dengan baking soda. Adapun perbedaannya jika baking soda di remas akan terasa kesat seperti tepung kanji.

Selama ini orang – orang hanya mengetahui bahwa baking soda hanya untuk digunakan sebagai pengembang kue. Akan tetapi ternyata banyak manfaat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan. kita dapat memanfaatkan selain harganya yang murah baking soda juga aman digunakan karena lebih alami.

manfaat baking soda

Kumpulan Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan dan Kesehatan

  • Obat Kumur Alami
Manfaat baking soda untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat digunakan sebagai obat kumur. Karena baking soda dapat membuat mulut segar serta bersih dan juga dapat menghilangkan kuman yang yang ada di dalam mulut. Caranya yaitu sebagai berikut :

campurkan satu sendok teh baking soda dengan air sebanyak 100 ml, aduk rata. Gunakanlah obat kumur ini di saat pagi hari dan malam hari.
  • Menghilangkan Bau Mulut
Baking soda dapat menghilangkan bau mulut, itu dikarenakan baking soda dapat mampu membunuh dan menghilangkan kuman beserta bakteri penyebab bau mulut. Caranya sama seperti membuat obat kumur dari baking soda.
  • Mengobati Asam Lambung
Karena baking soda dapat digunakan sebagai penetralisir dari asam lambung saat meningkat. Caranya dengan mencampurkan baking soda sebanyak ¼ sendok teh dengan air hangat, minumah 3 kali sehari.
  • Menghilangkan Jerawat
Jerawat yang tiba – tiba muncul akan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Akan tetapi jangan terlalu khawatir karena kita dapat menggunakan baking soda untuk mengempiskan serta menghilangkan jerawat. Caranya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan baking soda dengan sedikit air , lalu aduk hingga menjadi pasta. Dan tinggal dioleskan pada jerawat dan biarkan hingga mengering lalu bersihkan dengan air bersih.
  • Memutihkan Kulit
Manfaat baking soda untuk kecantikan yaitu dapat memutihkan kulit, karena baking soda dapat mengangkat sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Dan jika kita sering mengangkat sel kulit mati akan membuat kulit menjadi cerah dan putih. Cara yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan baking sda dengan air sabun dan oleskan pada kulit sambl di pijat-pijat dengan perlahan dan bilaslah dengan air hangat.

  • Menghilangkan Flek Hitam
Ada banyak penyebab terjadinya flek di wajah salah satunya yaitu bekas jerawat. Bekas jerawat jika di biarkan tidak akan hilang begitu saja dan akan membuat noda dan flek pada wajah. Untuk menghilangkannya bisa menggunakan baking soda, yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan air dan jangan terlalu encer, dan oleskan pada wajah seperti menggunakan masker dan hindari pada bagian mata dan bibir. Diamkan kurang lebih 25 menit atau sampai mengering dan bilas dengan air hangat.
  • Mencerahkan Kulit Ketiak
Sifat antiperspirant yang dimiliki oleh baking soda di mana mampu untuk mencerahkan kulit ketiak. Dengan menggunakan deodorant dari baking soda akan lebih alami dan aman di banding dengan menggunakan deodorant dari bahan kimia.

Caranya yaitu cukup mencampur 4 sendok makan baking powder dengan air hingga menjadi scrub dan jangan terlalu encer. Kemudian oleskan pada ketiak dan diamkan 10 menit lalu bilas. Lakukan 2 kali sehari setelah mandi agar mendapat hasil yang maksimal.
  • Membersihkan Kuku
Manfaat baking soda yang selanjutnya yaitu dapat membersihkan kuku tanpa harus melakukan manicure dan padicure. Karena kesehatan dan kecantikan kuku adalah merupakan masalah penting yang harus selalu di perhatikan para perempuan.

Caranya yaitu siapkan baking soda secukupnya dan campurkan dengan air dan aduk hingga menjadi adonan seperti pasta dan jangan terlalu encer. Kemudian pijatlah kuku tangan dan kaki dengan pasta baking soda tadi. Perawatan seperti ini akan membuat kuku pad tangan dan kaki akan menjadi bersih dan putih.
  • Sabun Pembersih Kulit
Baking soda memiliki sifat dapat mengangkat sel - sel kulit yang mati sehingga baking soda dapat juga di jadikan sebagai sabun pembersih wajah serta pemutih wajah yang alami. Caranya cukup dengan mencampurkan baking soda dengan air lalu usapkan pada wajah seperti menggunakan  sabun muka, lakukan usapan secara lembut pada wajah.
  • Menghilangkan Gatal
Ada banyak penyebab dari gatal yang di mana sangat menganggu aktivitas kita, baik itu gatal karena alergi ataupun karena gigitan serangga. Ternyata Baking soda juga dapat menghilangkan gatal pada kulit dikarenakan oleh gigitan serangga . Caranya yaitu adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan sedikit air dan gosokan pada kulit yang gatal, kemudian diamkan beberapa menit lalu bilaslah.
  • Menyegarkan Kaki yang Lelah
Jika kita sering melakukan aktivitas berdiri yang cukup lama atau sering berdiri maka kaki akan merasa pegal atau tidak nyaman. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman dan pegal pada kaki kita dapat merendam kaki dengan larutan baking soda. 

Caranya yaitu dengan mencampur 1 sendok makan baking soda dengan air hangat lalu aduklah hingga rata. Kemudian rendamlah kaki pada rendaman baking soda tersebut yang masih hangat dan diamkan kurang lebih 30 menit, bisa juga dengan memijatnya dengan lembut. Lalu angkat dan keringkan dan jangan lupa beri body lotion pada kaki.
  • Memutihkan Gigi
Baking soda juga mengandung kandungan yang dapat memutihkan gigi. Dengan menggunakan baking soda kita tidak perlu mengeluarkan kocek yang dalam untuk memutihkan gigi pada klinik kecantikan. Selain murah menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi juga aman dan lebih alami asalkan jangan melakukannya secara berlebih. Karena jika berlebih dapat membuat lapisan teratas dari gigi akan mengalami kerusakan.

Caranya yaitu hancurkan 1 buah stroberi lalu campur dengan setengah sendok makan teh baking soda lalu aduk hingga rata. Kemudian oleskan campuran tersebut pada permukaan gigi dan diamkan kurang lebih 5 menit. Setelah itu sikatlah gigi dan kumur hingga bersih , lakukan cara ini 1 kali seminggu.
  • Sebagai Kondisioner Rambut
Manfaat baking soda yang terakhir untuk kecantikan yaitu dapat digunakan sebagai kondisioner untuk rambut agar rambut menjadi lembab. Caranya sangat mudah yaitu sehabis kita keramas lalu pakailah baking soda seperti kita memakai kondisioner. Kemudian bilaslah dan hasil akhirnya rambut menjadi lembab secara alami.

  • Membersihkan Toilet
Manfaat baking soda tidak hanya untuk kecantikan melainkan juga dapat bermanfaat untuk membersihkan toilet. Karena baking soda mampu mengurangi kotoran serta kuman yang menempel pada dinding dan ruangan di toilet, sehingga dapat terbebas dari bakteri dan virus pembawa penyakit. Caranya cukup dengan menaburkan baking soda pada toilet kemudian sikat dan siram.
  • Pembersih Noda
Manfaat baking soda selain untuk kecantikan yang lain yaitu dapat membersihkan noda yang membandel menempel pada pakaian. Caranya sangat mudah yaitu cukum dengan mencampurkan seperempat cangkir baking soda dengan detergent lalu cucilah baju yang bernoda tersebut seperti biasanya.
  • Sebagai Pemadam Api
Baking soda tenyata jiga bisa dijadikan sebagai pemadam api, karena dapat lebih cepat untuk memadamkan api. Caranya yaitu  cukup dengan memasukan baking soda kedalam botol, dan jika terjadi kebakaran tinggal taburkan pada pusat api.

Demikianlah beberapa manfaat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan membuktikannya sendiri .

Kumpulan Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan dan Kesehatan Rating: 4.5 Posted By: Unknown