8 Manfaat Gula Aren Yang Baik Untuk Tubuh

Manfaat Gula Aren - Gula aren siapa yang tidak tahu dengan jenis gula ini yang ada di Indonesia. Gula ini terbuat dari bahan yang alami yaitu dari buah aren. Gula ini sangat berbeda dengan gula putih karena gula putih terbuat dari tebu dan berbentuk Kristal. Sedangkan gula aren berwarna coklat dan biasanya di cetak.

Untuk produksi gula aren ini sudah menyebar ke seluruh penjuru wilayah Indonesia, karena sudah banyak pengrajin pembuat gula aren tersebut. Gula aren sendiri banyak di manfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan minuman maupun makanan khas di Indonesia. Misalnya saja untuk membuat minuman wedang, es kelapa muda, jamu, membuat kue, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sebagai bahan dasar pembuatan kue dan minuman ternyata gula aren memiliki khasiat untuk kesehatan. Untuk itu disini akan di bahas manfaat gula aren untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.
Manfaat Gula Aren

Kumpulan Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan Tubuh

  • Penambah Tenaga
Manfaat gula aren yang mungkin tidak anda ketahui yaitu sebagai sumber tenaga. Itu di karenakan gula aren memiliki kandungan kalori yang tidak tinggi  dan itu menjadi kelebihan yang terdapat pada gula aren. Karena kelebihannya itulah gula aren dapat memberikan energy serta tenaga yang di butuhkan tubuh.
  • Mencegah anemia
Gula aren juga bermanfaat untuk mencegah anemia yang membuat kita menjadi lemas dan letih. Itu semua karena gula aren mengandung zat besi yang sangat tinggi, sehingga mampu untuk mencegah terjadinya anemia.
  • Menjaga Kolesterol tubuh
Gula aren mengandung niacin, yang dimana merupakan kandungan penting yang bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol pada tubuh. Maka dari itu jika kolesterol kita tinggi lebih baik mengkonsumsi gula aren, maka kolesterol akan normal kembali.
  • Melancarkan Peredaran Darah
Manfaat gula aren untuk kesehatan yang keempat yaitu dapat melancarkan peredaran darah. Dengan peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh menjadi lebih bisa menghindari ancaman berbagai penyakit.
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Ternyata gula aren dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Itu di sebabkan di dalam gula aren terdapat kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh , sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Meningkatkan Sistem Pencernaan
Gula aren mengandung zat niacin yang dimana bermanfaat dan mampu untuk meningkatkan sistem pencernaan . Dengan meningkatnya sistem pencernaan membuat tubuh terhindar dari berbagai masalah yang terjadi pada pencernaan serta dapat membuat organ - organ pencernaan menjadi sehat.
  • Baik Untuk Diet
Biasanya orang yang lagi berdiet akan sangat menghindari makanan yang manis - manis, karena dapat merusak diet anda. Tapi tidak dengan gula aren, karena gula ini sangat rendah kalori sehingga baik bagi diet anda.
  • Menyembuhkan Rematik, Gangguan Ginjal dan Masuk Angin
Gula aren adalah pemanis yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan rematik, gangguan ginjal serta masuk angin . Kita dapat membuatnya menjadi minuman  tradisional dengan menabahkan beberapa tumbuhan herbal lainnya. Misalnya untuk rematik bisa gula aren dicampur dengan pulosari , adas dan cocor bebek yang kemudian direbus dan di minum pada pagi hari dan sore hari.


Demikianlah kumpulan manfaat gula aren untuk kesehatan yang mungkin harus anda ketahui. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. Tetap sehat dan terus konsumsi sesuai jangan berlebihan.
8 Manfaat Gula Aren Yang Baik Untuk Tubuh Rating: 4.5 Posted By: Unknown