Ini Dia Manfaat Kulit Buah Kiwi Yang Perlu Anda Tahu!

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan sudah terkenal dimana-mana. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah buah kiwi kaya akan kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas sehingga tubuh tak gampang terkena pennyakit. Buah yang biasa dikupas saat akan memakannya ini mempunyai daging buah yang berwarna hijau dan rasanya masam. Ada dua jenis kiwi yang bisa Anda pilih yaitu gold kiwi dan kiwi lokal.

Namun, tahukah Anda jika kulit buah kiwi yang selama ini dibuang juga tak kalah dengan manfaat buah kiwi itu sendiri? Penasaran apa saja khasiatnya? Yuk simak apa saja manfaat kulit buah kiwi untuk kesehatan di bawah ini:
Manfaat buah kiwi

  • Menyehatkan Jantung
Kulit buah kiwi mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari pada dagingnya. Zat antioksidan bernama flavonoid pada kulit kiwi diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan organ peredaran darah, terutama jantung. Flavonoid terbukti mampu mengontrol kadar gula darah sehingga dapat meminimalisir resiko terkena penyakit serangan jantung.
  • Penawar Keracunan Makanan
Selain memnyehatkan organ dalam, manfaat buah kiwi khususnya pada kulitnya yang kaya antioksidan ini adalah sebagai penawar keracunan makanan. Dilansir dari laman presiden Food and Health Amerika, kulit kiwi dapat melawan bakteri, seperti staphylococcus dan e-coli. Kedua bakteri itulah penyebab manusia keracunan makanan.

  •  Sebagai Bahan Makanan Anti Penuaan

Bagi Anda yang selalu ingin tampil awet muda tak perlu menggunakan produk kecantikan anti-aging (anti penuaan) agar penampilan terlihat segar dan muda. Sama seperti manfaat buah kiwi yang kaya akan anti oksidan, kulit buahnya pun juga mengandung antioksidan yang bisa membantu proses peremajaan kulit agar lebih cepat sehingga menekan kemungkinan timbulnya kerutan pada wajah.
  • Membantu menurunkan berat badan
Siapa sih yang tak ingin punya tubuh langsing? Ini tak hanya dialami wanita saja, lho, laki-laki kini juga mulai memberikan perhatian pada penampilannya. Untuk membantu menurunkn berat badan, Anda bisa mengonsumsi kulit buah kiwi. Kulit kiwi mengandung banyak serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan serta membuat efek mengenyangkan lebih lama.
  • Menyeimbangkan Alkaline
Kiwi merupakan buah yang merupakan termasuk golongan basa, yang di mana merupakan buah yang kaya akan mineral sehingga dapat menggantikan kelebihan asam .Manfaat dari memiliki keseimbangan tubuh antara asam/ basa dapat membuat kulit terlihat muda, membuat tidur lebih nyenyak, memiliki energi yang melimpah, mencegah pilek serta juga dapat mengurangi resiko osteoporosis dan arthritis.

  • Baik Untuk Penderita Diabetes
Kiwi termasuk dari golongan buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti bahwa buah kiwi bukan faktor mempercepat peningkatan gula darah jika di konsumsi. Karena buah kiwi memiliki glikemik dari 4 sehingga sangat aman jika di konsumsi oleh penderita diabetes.
  • Membantu Pencernaan Dengan Enzim
Buah kiwi yang mentah terkandung actinidain dan juga  enzim protein - larut yang dimana dapat bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan supaya lancar. Karena buah kiwi ini mengandung enzim yang dapat membantu pencernan yang sama seperti pada pepaya yaitu papain dan jika dalam buah nanas bernama bromelain.
  • Sumber AntiOksidan
Manfaat kulit buah kiwi yang terakhir yaitu dapat bermanfaat sebagai antialergi, antiperadangan dan antikanker, karena kulit dari buah kiwi mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan menurut Dr Glenville menyatakan bahwa kulit buah kiwi mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak dari pada yang terdapat pada daging.

Nah, Anda sudah tahu bukan manfaat kulit buah kiwi untuk kesehatan? Selain buah kiwi, kulitnya pun sangat bermanfaat. Anda bisa membuat smoothie atau bahan campuran salad dari kulit buah ini. Sebaiknya, Anda memilih jenis kiwi gold yang rasanya tak asam agar lebih nikmat saat dinikmati. Selamat mencoba!
Ini Dia Manfaat Kulit Buah Kiwi Yang Perlu Anda Tahu! Rating: 4.5 Posted By: Unknown