Tahukah Anda Manfaat dari Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tomat - Buah tomat, siapa yang tidak mengenal dengan buah yang berwarna merah menyala ini.  Buah ini sangat mudah untuk di temukan, baik di pasar tradisional maupun di supermarket. Buah ini biasa langsung di konsumsi atau juga di gunakan sebagai campuran masakan supaya segar.

Buah ini memiliki rasa yang asam, akan tetapi di balik itu buah tomat mengandung banyak kandungan nutrisi. Diantaranya yaitu vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin,vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga, serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori serta kolesterol.

Oleh karena itulah mengapa tomat di jadiwan buah yang wajib untuk dikonsumsi setiap harinya. Begitu banyak kandungan nutrisinya tentulah banyak juga manfaat buah tomat untuk kesehatan dan bahkan untuk kecantikan.
manfaat tomat


Beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan, di antaranya

Penangkal Radikal Bebas

Buah tomat mengandung senyawa flavonoid dan zea-xanthin yang merupakan senyawa antioksidan yang banyak dalam buah tomat. Karena menurut para ahli kesehatan telah menyatakan bahwa kedua senyawa tersebut dapat menangkal radikal bebas.

Mengontol Kolesterol Penyebab Hipertensi

Didalam tubuh terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik atau biasa di sebut dengan HDL dan juga kolesterol jahat atau LDL. Agar tidak terjadi hipertensi atau tekanan darah tinggi kita harus menjaga agar jumlah kolesterol baik tetap tinggi dari pada kolesterol jahat. Untuk itulah konsumsilah tomas secara rutin karena kandungan mineral di dalamnya dapat bermanfaatuntuk mengatur jumlah kolesterol yang berada dalam darah.

Menyehatkan Mata

Banyak yang sudah mengetahui bahwa buah tomat dapat menyehatkan mata karena buah tomat kaya akan kandungan vitamin A, dan juga beberapa nutrisi seperti niacin, thiamine, dan asam folat. Dan semua nutrisi dapat saling bekerja sama dalam menyembuhkan gangguan pada kesehatan mata.

Menstabilkan Kerja Jantung

Dalam buah tomat yang memiliki ukuran sedang terkandung kurang lebih 235 mg kalium. Kandungan Kalium sangat bermanfaat bagi tubuh dalam mengontrol denyut jantung untk memompa darah agar tetap stabil. Tomat juga bermanfaat untuk menjaga agar terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

Mengontrol Gula Darah

Jika jumlah gula darah melebihi jumlah batas yang wajar maka beresiko untuk terkena diabetes.Dan untuk mengontrol gula darah kita bisa mengkonsumsi tomat secara rutin. Karena buah tomat mengandung kromium yang alami yang sangat dibutuhkan dalam mengontrol jumlah gula darah supaya tidak naik.

Mengencangkan Wajah

Buah tomat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan yang pertama yaitu dapat mengencangkan wajah. Caranya yaitu dengan memblender beberapa tomat segar sengan menambahkan sedikit air, kemudian aduk dan usapkan pada wajah dengan menggunakan kapas. Lalu pijatlah secara lembut kurang lebih selama 15 menit dan bilas.

Mencerahkan Kulit

Jika anda memiliki wajah yang kusam, kita dapat memanfaatkan tomat untuk mencerahkan wajah. Karena kandungan vitamin C dalam tomat mampu untuk mencerahkan kulit. Caranya cukup mudah yaitu mengisis tomat agak tebal lalu gosokkan secara merata pada wajah. Lakukan cara ini secara rutin dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Menghilangkan Jerawat

Manfaat buah tomat selanjutnya yaitu dapat menghilangkan jerawat. Karena tomat mengandung Vitamin A dan C serta asam yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat serta juga dapat menghilangkan ruam kemerahan pada kulit. Caranya hanya dengan menggosokkan pada wajah tomat segar yang telah di potong, atau juga bisa dijadikan sebagai masker.

Demikianlah beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Tahukah Anda Manfaat dari Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Posted By: Unknown