Nih, Manfaat Air Kelapa Muda, Minuman Energizing Alami Menyehatkan

Popularitas air kelapa sungguh tak diragukan lagi. Ini karena manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh dikenal luas oleh masyarakat sebagai minuman alami yang bisa membantu mengembalikan ion atau cairan tubuh yang hilang setelah banyak mengeluarkan keringat akibat melakukan aktivitas berat atau berolahraga.

Namun, sebenarnya bukan hanya membantu mengembalikan ion tubuh saja, tapi air kelapa juga memiliki beragam manfaat lainnya. Kedahsyatan manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh pun mampu membuat Madonna, sang penyanyi legendaris, tak ragu untuk menginvestasikan uangnya pada salah satu perusahaan yang memproduksi minuman ion dari air kelapa. Yuk, simak manfaatnya berikut!

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh 

manfaat air kelapa

  • Berperan sebagai deuretik
Bagi Anda yang memiliki masalah susah buang kecil (buang air kecil tidak lancar), minum air kelapa bisa Anda coba sebagai terapi untuk memperlancar sistem pembuangan urin. Air kelapa dipercaya membantu meningkatkan produksi urin. Selain itu, air kelapa juga mengandung zat anti toksin yang dapat mengeluarkan racun bersamaan dengan keluarnya urin.
  • Manfaat air kelapa untuk kulit
Salah satu manfaat penting dari air kelapa adalah membantu membersihkan kulit bayi saat dalam kandungan sehingga bayi yang dilahirkan akan memiliki kulit yang bersih dan sehat. Manfaat air kelapa muda untuk kulit bayi ini ada karena kandungan vitamin C, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, dan juga riboflavin.

Bukan hanya itu, menurut ahli gizi dari RSUP Persahabatan di daerah Jakarta, mengatakan bahwa air kelapa juga bermanfaat untuk ibu hamil. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil tersebut yakni membantu mempercepat proses pemulihan kulit perut yang kendur akibat kehamilan.
  • Menurunkan demam dan menaikkan trombosit penderita DBD
Salah satu penyakit berbahaya yang banyak merenggut nyawa adalah demam berdarah. Penyakit yang disebabkan karena nyamuk ini bisa dibantu penyembuhannya dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin. Kandungan biotin dalam air kelapa terbukti dapat menurunkan demam dan menaikkan jumlah trombosit penderita demam berdarah.
  • Memecahkan batu ginjal dan membantu mengeluarkannya
Zat toksin atau zat anti racun yang ada dalam air kelapa juga bisa membantu para penderita penyakit batu ginjal untuk melunakkan batu ginjal muda yang kemudian dikeluarkan bersama urin. Jika seseorang telah divonis menderita penyakit batu ginjal, sebaiknya rutin mengonsumsi air kelapa setiap hari agar batu ginjal yang masih muda dan berukuran kecil bisa cepat hancur.
  • Menguatkan sistem imunitas tubuh
Kandungan protein yang terdapat dalam air kelapa tak kalah dengan banyaknya protein yang terkandung dalam  satu gelas susu, lho. Banyaknya jumlah protein yang masuk ke dalam tubuh berbanding lurus dengan kekebalan sistem imunitas tubuh. Eits, meskipun begitu, bukan berarti Anda tak lagi membutuhkan telur, ya.
  • Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Manfaat air kelapa muda dapat menurunkan tekanan darah tinggi,itu di karenakan air kelapa memiliki kandungan yang seimbang sehingga menjadi penyeimbang dari elektrolit di dalam tubuh. Jika kandungan elektrolit dalam tubuh tinggi maka akan mengakibatkan terjadinya tekanan darah tinggi.
  •  Menurunkan Berat Badan
Air kelapa memang memiliki banyak menfaat salah satunya dapat dijadikan minuman untuk menurunkan berat badan. Selain efektif menurunkan berat badan, air kelapa ini juga aman di konsumsi karena tidak terkandung bahan kimia yang berbahaya. Jika anda sedang berdiet, cobalah minum air kelapa yang dapat membuat perut anda menjadi kenyang.
  • Melancarkan Pencernaan
Beberapa sumber Vitamin B seperti riboflavin, pyridoxine dan folat serta enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidroganase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan masih banyak lagi yang terdapat dalam air kelapa yang dimana enzim dan vitamin tersebut dapat membantu dalam melancarkan pencernaan dan metabolisme di dalam tubuh.
  • Menghilangkan Dehidarasi
Keseimbangan elektrolit di dalam air kelapa dapat dimanfaatkan untuk mengatasi terjadinya dehidrasi yang dikarenakan beberapa penyakit seperti disentri, diare dan flu berat. Serta juga dapat digunakan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena terlalu banyaknya aktifitas seperti olahraga sehingga dapat menyeimbangkan kembali ion - ion di dalam tubuh. 
  • Mencegah Penuaan Dini
Kandungan di dalam air kelapa seperti asam laurat dan sitokin yang di mana ke dua elemen tersebut berperan penting dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel terhadap anti penuaan dini , anti karsinogenik, dan anti trombotik yang dapat membantu dalam meminimalisir penuaan pada kulit serta menyeimbangkan PH dan menjaga jaringan pada kulit.

  • Mengontrol Diabetes

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh yang lain yaitu dapat mengontrol diabetes. Karena air kelapa muda dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh jika mengkonsumsinya secara rutin . sehingga dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang akan mengecil di sebabkan oleh pembentukan plak serta melancarkan peredaran darah sehingga dapat mengurangi terkena diabetes.

  • Anti Oksidan

Kandungan anti oksidan yang terdapat pada air kelapa dapat membantu untuk melawan radikal bebas. Selain itu juga air kelapa dapat membantu untuk mempermudah akanpenyerapan obat yang kita konsumsi.

  • Kesehatan Kardiovaskular


Dalam suatu penelitian menyatakan bahwa seseorang yang memiliki tekanan darah yang tinggi akan memiliki kadar kalium yang sangat rendah. Oleh karena itu air kelapa yang memiliki kandungan kalium dan asam laurat yang dapat bermanfaat  untuk mengatur tekanan darah.  Selain itu air kelapa juga dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik  sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh Anda. Jangan lupa, ya untuk menambahkan air kelapa ke dalam menu minuman sehat harian selain jus yang terbuat dari buah dan sayur. Selain menyegarkan, air kelapa juga berkhasiat untuk menyehatkan dan membersihkan tubuh dari racun.


Nih, Manfaat Air Kelapa Muda, Minuman Energizing Alami Menyehatkan Rating: 4.5 Posted By: Unknown