Beragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh atau yang mempunyai nama latin Aloe vera ini sangat populer di Indonesia. Masyarakat banyak menggunakannya sebagai bahan makanan, namun lidah buaya juga tak jarang digunakan sebagai salah satu bahan campuran dari beberapa kosmetik kecantikan wanita seperti sabun, shampo, dan juga lotion.

Lidah buaya memiliki daun berwarna hijau dan tidak memiliki batang kayu. Dagingnya berwarna putih bening dan berlendir. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, aloe emodin dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk simak di bawah ini!

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat lidah buaya

  • Manfaat lidah buaya untuk rambut
Mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan khasiat lidah buaya ini, terutama untuk mencegah kebotakan. Khasiat ini memang sudah tak diragukan lagi. Selain memperkuat akar rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk menambah volume rambut. Jadi, jika Anda menginginkan rambut sehat, lebat, dan kuat, tak ada salahnya mencoba lidah buaya.

  • Mengurangi risiko inflamasi atau peradangan
Zat aloe emodin yang terkandung dalam lidah buaya terbukti dapat membantu mengurangi risiko terjadinya peradangan atau inflamasi pada kulit. Zat ini akan menjaga Anda yang memiliki kulit sensitif dari iritasi. Selain zat aloe emodin, zat lain seperti bradykinase, dan enzim analesgic anti-inflammatic, serta asam salisilat, yang merupakan senyawa aspirin serta anti-bakteri juga membantu mengurangi risiko peradangan.

  • Menjaga alkalisasi dalam tubuh
Alkalisasi merupakan proses penting dimana derajat keasaman tubuh diatur hingga menjadi netral. Idealnya, konsumsi makanan harian yang mengandung asam adalah 20%. Untuk menyeimbangkan Ph atau derajat keasaman tubuh diperlukan makanan atau minuman yang bersifat alkali (basa), salah satunya adalah jus lidah buaya.

  • Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Manfaat lidah buaya untuk kulit dapat anda gunakan apabila Anda memiliki masalah kulit kering atau berjerawat, lidah buaya adalah solusinya. Tanaman ini mengandung zat lignin yang dapat menembus langsung ke bagian terdalam kulit sehingga mencegah keluarnya air dan minyak alami yang menyebabkan wajah menjadi kering, kusam, dan berjerawat.

  • Melancarkan sistem pencernaan
Lidah buaya juga kaya akan serat dan kandungan airnya. Seperti yang banyak disebutkan, makanan yang banyak mengandung serat berperan penting saat proses digestif dalam lambung maupun usus sehingga Anda akan terbebas dari gangguan konstipasi yang membuat tak nyaman. Selain itu, kadar airnya juga membantu Anda mencukupi kebutuhan air harian.

  • Membantu Mengurangi Berat Badan
Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan yang lain dapat membantu mengurangi berat badan. Karena lidah buaya dapat menetralisir sistem pencernaan dan dapat membuat kenyang. Lidah buaya dapat dikonsumsi dengan cara di jus dengan campuran buah, karena jika di jus sendiri tanpa ada campuran buah rasanya akan pahit. 
  • Baik Untuk Penderita Diabetes
Lidah buaya baik untuk penderita diabetes karena dapat membantu untuk mengatur kadar glukosa  dalam tubuh atau dapat membantu kerja insulin agar dapat menyerap gula dengan baik. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan membuat jus dari lidah buaya ini sehingga dapat mencerna gula lebih cepat lagi agar tidak terjadi penumpukan menjadi lemak.

  • Untuk Mengobati Luka

Jika kita mengalami masalah luka karena terbakar pasti kita sudah binggung, tapi jangan binggung lagi. Karena lidah buaya memiliki dapat bermanfaat dalam mengatasi dan mengobati luka bakar , selain itu lidah buaya juga dapat mengurangi lebab atau memar yang biasa terjadi di tubuh secara tidak sengaja.

  • Mengobati wasir

Lidah buaya dapat di manfaat dalam mengobati penyakit wasir. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengambil bagian daging lidah buaya lalu di parut dan beri madu serta air aduk rata. Kemudian saring dan minum ramuan ini sehari 3 kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh 

Lidah buaya bermanfaat dalam mengeluarkan racun di dalam tubuh, yaitu karena dalam lidah buaya mengandung gelatin. Yang di mana gelantin bermanfaat dalam menyerap racun dan di keluarkan melalui kotoran.

  • Menyuburkan Alis 

Lidah buaya juga bermanfaat bagi kecantikan yaitu dapat menyuburkan rambut alis. Caranya yaitu dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada alis setiap mau tidur dan  bersihkan keesok hariannya. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Itulah manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi atau menggunakan lidah buaya. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dibuat jus atau minuman lainnya, atau bisa juga digunakan sebagai masker untuk wajah dan rambut. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Beragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Posted By: Unknown