Rawatlah Kesehatan Tubuh dengan Manfaat Jantung Pisang!

Sepintas, memang tak ada yang istimewa dari jantung pisang. Jenis sayuran yang biasa dimasak dengan bumbu kacang yang lezat nan nikmat ini banyak sekali diminati, selain karena harganya yang terjangkau, mudah didapat, dan yang paling penting adalah banyak manfaat jantung pisang untuk kesehatan.

Layaknya seperti jenis sayuran terkenal lainnya, jantung pisang sebenarnya juga sudah dimanfaatkan sebagai sumber makanan sejak zaman dahulu. Bagi Anda yang belum pernah mencoba menikmati jantung pisang, coba simak terlebih dahulu beberapa manfaat jantung pisang untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat jantung pisang

  • Membantu memperlancar sistem pencernaan
Manfaat jantung pisang untuk kesehatan yang pertama adalah membantu kerja organ pencernaan agar bekerja secara maksimal. Banyaknya kandungan fiber atau serat di dalamnya membuat kerja usus lebih ringan sehingga proses pencernaan berjalan dengan cepat dan normal. Bagi Anda yang menderita sembelit, nikmati saja sayur ini.

  • Mencegah metastasis sel kanker berbahaya
Dalam tubuh manusia, terdapat sel-sel kanker yang belum aktif dan kapan saja bisa berkembang. Tentu saja aktifnya sel kanker sangat berbahaya, apalagi jika sudah menyebar ke seluruh tubuh. Zat methanol yang terdapat dalam jantung pisang dapat mengurangi efek radikan bebas sehingga risiko aktifnya sel kanker dapat dicegah.

  • Merangsang sel penghasil ASI pada ibu hamil
Bagi wanita yang sedang hamil, jantung pisang juga baik untuk dikonsumsi. Manfaat jantung pisang untuk ibu hamil tersebut adalah dapat membantu mengaktifkan sel-sel yang bertugas untuk menghasilkan ASI. Bukan hanya itu, konsumsi jantung pisang pasca melahirkan juga akan memperlancar produksi ASI. Sehingga jantung pisang baik untuk ibu menyusui.

  • Manfaat Jantung Pisang Untuk Diet
Memiliki berat badan ideal adalah impian dari semua orang. Banyak orang yang rela melakukan diet ketat untuk mewujudkan impiannya. Salah satu makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah jantung pisang. Ini karena jantung pisang kaya akan serat yang cukup bagi mereka yang melakukan diet.

  • Mengobati stroke dan diabetes
Khasiat jantung pisang untuk kesehatan lainnya adalah mengobati stroke dan diabetes. Dua penyakit tersebut merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Jantung pisang tak mengandung kolesterol jahat sehingga bisa dimanfaatkan untuk menu makanan bagi penderita stroke dan diabetes
  • Mengobati Diare
Jantung pisang dapat digunakan dalam mengatasi gangguan pencernaan seperti diare. Caranya yaitu ambillah jantung pisang, cuci bersih kemudian bakar pada arang hingga matang dalamnya, lalu ambil bagian dalam dan buang bagian luar dan jadikan sebagai lalapan atau campuran dari urap – urap. 
  • Mengobati Malaria
Penyakit malaria adalah penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, penyakit ini disebabkan karena virus yang berasal dari nyamuk. Jantung pisang dapat dijadikan obat untuk mengatasinya, caranya dengan mengupas bagian luar jantung pisang dari pisang ambon. Lalu timbun dalam bara api kurang lebih 30 menit, kemudian haluskan dan peras. Beri sedikit asam pada air perasan tersebut, minum pagi hari sebelum sarapan. Lakukan pengobatan ini sehari satu kali untuk mengobati malaria.
  • Menangkal Infeksi
Manfaat jantung pisang yang sangat menakjubkan yaitu dapat mengakal infeksi. Jantung pisang dapat mengobati infeksi karena di dalam jantung pisang mengandung ekstrak etanol. Jantung pisang juga dapat menghambat pertumbuhan dari bakteri patogen, diantaranya  subtalis bacillus,  bacillus cereus, dan Escherichia coli. 
  • Mengurangi Aktivitas Radikal Bebas
Jantung pisang mengandung ekstrak metanol yang di mana memiliki sifat sebagai antioksidan. Oleh karena itu jika terdapat kerusakan pada tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas maka kandungan ini akan dengan  sempurna memperbaikinya.  Karena kandungan antioksidan yang tinggi yang terdapat dalam jantung pisang sebaiknya di masukan dalam daftar makanan untuk keluarga anda.
  • Mengurangi Pendarahan Selama Menstruasi
Mungkin uda sangat di kenal untuk para wanita bhwa jantung pisang sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah saat menstruasi. Misalnya saat menstruasi kebanyakan wanita akan mengalami rasa sakit yang parah pada perutnya, selain itu juga perubahan emosi yang tiba-tiba berubah, sakit kepala dan lain sebagainya. Untuk mengatasi itu semua anda dapat memasak jantung pisang sebagai obatnya, karena jantung pisang yang di masak dengan menggunakan yogurt akan dapat meningkatkan hormon progesteron  dalam tubuh sehingga dapat mengurangi pendarahan saat mens.
Kandungan gizi yang terdapat di dalam jantung pisang sebanyak 25 gram adalah 31 kkal kalori, 1,2 gram senyawa protein, 0,3 gram lemak, dan 7,1 gram zat karbohidrat. Bukan hanya itu, jantung pisang juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan, vitamin C, vitamin B1, fosfor, kalsium, dan zat besi.

Bagaimana cara memasaknya? Anda tak perlu bingung. Bagi pecinta abon, abon jantung pisang bisa jadi varian barunya. Bagi Anda penikmat pecel, jantung pisang bisa Anda masukkan dalam tambahan sayur yang menemani nikmatnya pecel favorit Anda. Itulah beberapa manfaat jantung pisang untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua!
Rawatlah Kesehatan Tubuh dengan Manfaat Jantung Pisang! Rating: 4.5 Posted By: Unknown