Tidur Siang, Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan

Tidur siang merupakan aktivitas yang sering diabaikan oleh orang-orang yang telah menginjak dewasa. Padahal, dengan tidur siang, seseorang akan lebih berstamina saat bangun dan dapat mengistirahatkan pikiran sejenak. Jika Anda sering tidur siang, apakah Anda tahu apa saja manfaat tidur siang ini?

Tidur siang yang paling baik adalah tidur antara pukul 1-3 dengan waktu 30-45 menit. Jika Anda dapat memanfaatkan waktu ini dengan tidur yang lelap dan cukup, maka manfaat yang Anda peroleh dari tidur siang ini juga tak main-main. Simak, yuk ulasan lengkap mengenai manfaat dari tidur siang ini.

manfaat tidur siang

  • Meningkatkan Daya Ingat Otak
Tidur siang ternyata dapat meningkatkan memori otak, terutama bagi orang tua (lansia). Bagi anak-anak daya ingat ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan mereka di sekolah. Nah, ketika tidur siang, memori-memeri yang paling baru di otak kita akan secara lancar mengalir ke saraf neo-korteks yang merupakan tempat memori jangka panjang disimpan dan membuat ingatan kita lebih lama tersimpan.

  • Mengurangi Stres
Stres dapat menjadi salah satu penyebab penyakit berbahaya, seperti saraf dan jantung. Stres dapat terjadi ketika otak terlalu banyak berpikir dan tak beristirahat. Tidur siang yang baik dan cukup dapat membantu otak untuk beristirahat sejenak sehingga tidak stress. Dengan tidur siang, otak akan bekerja dengan lebih optimal dan organ tubuh menjadi lebih rileks dan aktivitas dapat berjalan dengan lancar.

  • Meningkatkan Kewaspadaan
Jika ditanya mengenai manfaat tidur siang yang paling utama, jawabannya adalah meningkatkan kewaspadaan. Nah, jika Anda merasa kurang fokus, tak ada salahnya untuk tidur siang. Studi di NASA menemukan bahwa 40 menit tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100%. Pada penelitian lain juga ditemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga.
  • Meningkatkan Fungsi Indera
Tidur siang dapat mebantu meningkatkan kreativitas dan fungsi indera kita. Menurut ilmuwan napologist, Sara Mednick C., persepsi sensorik dapat ditingkatkan dengan tidur siang. Hal ini sama efektifnya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru dan membuka wawasan yang ada di otak Anda.

  • Mengatasi Insomnia
Masalah gangguan tidur seperti insomnia dapat diatasi dengan tidur siang. Insomnia adalah salah satu gangguan tidur yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Dimana tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat. Dan jika kita mengalami insomnia atau gangguan susah tidur saat malam hari dapat mengakibatkan kelelahan, sulit untuk berkonsentrasi, menurunnya daya ingat sehingga dapat menurunkan kualitas kerja dan dapat juga meningkatkan resiko kecelakaan  dan itu akan sangat membahayan diri sendiri. Jadi tidur siang dapat di jadikan obat pengganti untuk sulit tidur di waktu malam hari.
  • Mencegah Terkena Sakit Jantung dan Stroke

manfaat tidur siang yang lain yaitu dapat mencegah terkena sakit jantung dan juga stroke. Karena disaat kita memaksakan diri untuk tidak tidur saat dimana kita sangat mengantuk dapat membuat jantung untuk bekerja lebih kencang lagi. Akan lebih buruk lagi jika kita untuk menahan rasa ngantuk dengan meminum kopi ataupun minuman berenergi  Untuk itu sangatlah penting untuk melakukan tidur siang kurang lebih sekitar 20 - 40 menit tiap harinya agar dapat mengurangi resiko terkena sakit jantung dan stroke.

  • Meningkatkan Kesehatan Tubuh
Jika kita kurang tidur dapat membuat kelebihan hormon kartisol di dalam tubuh. Yang di mana hormon katisol adalah merupakan hormon stress yang membantu dalam merespon anggota tubuh kita. Jika dalam tubuh terdapat kelebihan akan hormon kartisol dapat meningkatkan glukosa dan lemak di dalam perut, serta juga dapat melemahkan sistem otot dan juga kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat mengurangi hormon pertumbuhan dan juga testosteron. Dan yang lebih parah akibat dari kelebihan hormon ini yaitu dapat menyebabkan diabetes dan jantung.



Nah, ternyata manfaat tidur siang sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan otak kita. Selain itu, dengan berkurangnya beban pikiran dan berkurangnya stress karena tidur siang, penyakit penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung dapat dihindari. Apakah Anda bisa menyempatkan waktu untuk tidur siang?
Tidur Siang, Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan Rating: 4.5 Posted By: Unknown