17 Manfaat Kunyit Asam yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kunyit Asam – Indonesia adalah Negara yang subur dan kaya akan tanaman – tanaman herbal yang di mana sangat bermanfaaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan nenek moyang kita juga sudah banyak yang memanfaatkannya sebagai minuman ataupun obat untuk menjaga maupun menyembuhkan berbagai penyakit.

Yang pertama – tama kita bahas dahulu manfaat kunyit asam, karena minuman tradisional ini merupakan minuman yang sangat dan sering di konsumsi oleh semua kalangan di Indonesia. Kunyit asam sudah sejak lama di manfaatkan sebagai minuman untuk mengatasi segala macam masalah kesehatan.

Salah satu manfaat dari kunyit asam yang sering digunakan untuk menyembuhkan segala macam penyakit yang di karenakan oleh infeksi. Akan tetapi tidak hanya itu saja manfaat yang terkandung di dalam kunyit asam.

Berbagai Macam Manfaat Dari Kunyit Asam

manfaat kunyit asam
  • Mengontrol Berat Badan
Manfaat pertama yang sering di manfaatkan dengan meminum kunyit asam yaitu dapat mengontrol berat badan. Kunyit asam ini merupakan warisan dari nenek moyang kita yang dari dulu di manfaatkan untuk menjaga agar tubuh tetap langsing serta sehat. Itu semua dikarenakan kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit asam sangat bermanfaat dalam mengurangi lemak serta dapat mengurangi lemak dan menekan nafsu makan sehingga dapat bermanfaat untuk mengontrol berat badan.
  • Menetralkan Racun Kimia
Fungsi utama yang terkandung di dalam kunyit asam adalah sebagai pendetoks dari racun kimia. Racun kimia yang di maksud adalah jika kita terlalu banyak mengkonsumsi obat – obatan yang terbuat dari bahan kimia. Karena senyawa yang terdapat di dalam kunyit mampu untuk membantu dalam mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh.
  • Sebagai Painkiller
Kunyit merupakan rimpang yang mempunyai sifat sebagai anti inflamasi selain sebagai anti bakteri. Manfaat kunyit asam juga mampu menghilangkan pegal – pegal dan juga rasa sakit dalam tubuh. Oleh karena sifat dari painkiller inilah kenapa minuman atau jamu kunyit asam ini sering di konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Mencerahkan Kulit
Kunyit asam memiliki dampak positif yaitu dapat mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh. Oleh karena itu juga jika kita rutin untuk mengkonsumsi kunyit asam dapat membuat kulit lebih bersih serta cerah. Sehingga minuman ini sangat di gemari para wanita.
  • Menyembuhkan  Infeksi Kulit
 Manfaat kunyit asam yang lain yaitu dapat menyembuhkan infeksi pada kulit. itu di karenakan sifat kunyit sebagai anti inflamasi. jika kita rutin meminum jamu kunyit asam maka infeksi kulit seperti luka bakar, cidera, dan sun burn dapat di sembuhkan.
  • Menetralkan Racun Dalam Tubuh
Manfaat selnjutnya dari kunyit asam adalah dapat menetralkan racun dalam tubuh yang disebabkan oleh obat-obat kimia yang masuk didalam tubuh. Itu dikarenakan di dalam kunyit asam terdapat senyawa yang mampu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.
  • Menghilangkan Bau Badan
Masalah bau badan merupakan masalah yang sangat tidak mengenakan, apalagi jika kita yang memiliki bau badan, akan membuat kita tidak nyaman dan PD. Jika kita mengkonsumsi rutin jamu kunyit asam dengan di tambahkan daun luntas, maka akan membantu kita untuk menghilangkan bau badan.
  • Memperlambat Proses Penuaan
Siapa sih yang ingin terlihat tua, maka tidak akan ada orang yang menginginkan terlihat lebih tua. Maka dari itu banyak yang sibuk untuk melakukan perawatan demi mencegah terjadinya gejala penuaan. Akan tetapi kita jangan takut karena dengan mengkonsumsi kunyit asam dapat memperlambat proses penuaan. Itu di karenakan kandungan antioksidan yang terdapat dalam jamu kunyit asam dapat memperlambat proses penuaan.
  • Menyembuhkan Infeksi Tenggorokan
Manfaat kunyit asam selanjutnya yaitu dapat menyembuhkan infeksi pada tenggorokan. Karena kunyit mengandung anti bakteri, sehingga dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri penyebab infeksi.
  • Melancarkan Siklus Haid
Manfaat dari kunyit asam ini sangat banyak untuk menjaga kesehatan terutama bagi wanita untuk melancarkan siklus haid . Karena jika mengkonsumsinya secara rutin sebelum waktu datangnya haid akan membuat badan menjadi segar dan tidak mudah untuk lelah. Sehingga darah haid yang keluar menjadi lancar serta teratur tanpa ada rasa nyeri yang menyertainya.
  • Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker Payudara
Kunyit asam mengandung nutrisi yang di mana mampu untuk mengganggu perkembangan dari sel kanker serta menghambatnya supaya tidak tumbuh atau berpindah ketempat lain. Jadi untuk para wanita cobalah untuk mengkonsumsi secara rutin kunyit asam agar terhindar dari serangan kanker payudara. Agar mendapatkan manfaat yang lebih dini lebih baik minum mulai saat menganjak remaja.
  • Mencegah Keputihan
Manfaat kunyit asam yang selanjutnya yaitu dapat mencegah keputihan pada wanita. Karena dalam kunyit terkandung zat mineral dan zat atsiri yang bermanfaat untuk mengharumkan darah haid serta dapat mengurangi bau amisnya, sedangkan manfaat asam sendiri dapat membersihkan darah haid dalam saluran kewanitaan. Minumlah kunyit asam sebelum dan sesudah datang haid, selain itu juga minum kunyit asam juga dapat menyeimbangkan hormon saat datang haid.
  • Mengatasi Diare
Kandungan senyawa atsiri yang terdapat pada jamu kunyit asam dapat mengentalkan cairan serta memperlambat feses sehingga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati diare. Minumlah jamu kunyit asam menjelang tidur agar dapat mengeraskan feses saat mengalami diare.
  • Melancarkan ASI
Bagi ibu - ibu menyusui sebaiknya perbanyaklah untuk mengkonsumsi jamu kunyit asam, karena jamu ini mampu membuat ASI menjadi banyak serta dapat meningkatkan kualitas ASI itu sendiri. Sehingga nutrisi yang terdapat dalam ASI sangat bagus dalam pertumbuhan si bayi.
  • Menyembuhkan Pembengkakan Pada Selaput Lendir Mulut
Jika kita mengalami pembengkakan pada rongga mulut khususnya pada selaput lendir mulut, jika dibiarkan akan menyebabkan keluhan kesehatan yang lain, misalnya saja bau mulut. Untuk mengobati itu lebih baik konsumsilah kunyit asam untuk mengobati peradangan disekitar rongga mulut karena sifat dari kunyit sebagai anti radang dan inflamasi.
  • Dapat Menyembuhkan Amandel
Jika kita mengalami masalah amandel akan membuat tidak nyaman dalam menelan makanan karena ada rasa nyeri dan menganjal yang terasa pada tenggorokan. Untuk menyembuhkan dan mengempiskan amandel kita bisa meminum jamu kunyit asam secara teratur 2 kali sehari di pagi hari dan malam menjelang tidur.
  • Mengobati Anemia
Jika kita mengalami anemia atau kurang darah badan akan terasa letih, lesu, pucat dan tidak bergairah. Kunyit asam dapat dijadikan solusi untuk mengatasinya karena dengan mengkonsumsi kunyit asam dapat mengembalikan kembali vitalitas tubuh. Kunyit asam mengandung zat besi yang dapat meningkatkan sel darah merah.
Demikianlah beberapa manfaat kunyit asam untuk kesehatan tubuh, semoga kita bisa meneruskan warisan dari nenek moyang kita.
17 Manfaat Kunyit Asam yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Posted By: Unknown