13 Manfaat Tersembunyi Dari Daun Sirih Merah

Daun Sirih Merah – Siapa yang tidak mengenal daun sirih ini, daun sirih ini sangatlah popular dalam dunia obat herbal. Karena daun sirih merah tersendiri memiliki banyak manfaat yang dimana dapat mengobati  berbagai macam penyakit. Kandungan senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan yang mampu untuk menyembuhkan  berbagai penyakit yang ringan maupun yang berat.

Daun sirih merah banyak di gunakan sebagai tanaman hias untuk meneduhkan rumah, karena tanaman ini bisa merambat dan lebat. Kali ini kami akan membahas tentang beberapa manfaat daun sirih merah yang bisa membantu permasalahan anda:

Kumpulan Manfaat Tersembunyi Daun Sirih Merah

  • Mengobati mimisan
Daun sirih merah mengandung fenil popada dan terpen yang di mana dapat membantu menghentikan darah pada saat mimisan. Caranya sangat mudah hanya tinggal mengambil 1 lembar daun sirih merah lalu gulung dan masukkan pada lubang hidung yang mimisan / mengeluarkan darah. 

manfaat daun sirih merah
  • Obat luka bakar ringan
Kandungan zat alkaloid dan vitamin C yang terdapat pada daun sirih merah dapat membantu terjadinya peradangan yang terjadi pada daerah kulit yang terbakar . Caranya yaitu hanya menumbuk 3 – 5 lembar daun sirih merah kemudian campur dengan 2 sendok teh madu dan oleskan pada luka bakar tersebut. Lakukan sehari dua kali.
  • Obat mata merah
Untuk mengatasi mata yang merah di akibatkan iritasi kita dapat mengatasinya dengan menggunakan daun sirih merah. Karena terdapat senyawa alkaloid yang di mana sangat berperan sebagai anti radang dan anti bakteri . Untuk mengobatinya kita hanya cukup menyediakan 20 lembar daun sirih merah lalu rebuslah hingga mendidih , kemudian saring dan tunggu dingin lalu kompreskan pada mata atau gunakan sebagai pembasuh mata kurang lebih selama 10 menit.
  • Obat radang prostat
Mengalami radang prostat pada pria merupakan permasalahan yang harus dan segera di obati, dan kita bisa menggunakan obat herbal dengan memanfaatkan daun sirih merah. Karena dalam sirih merah mengandung tannin saponin dan hidroksicavicol yang dimana dapat membantu mempercepat regenerasi sel- sel pada kelenjar prostat agar berfungsi kembali. Caranya hanyalah merebus 3 – 7 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minumlah sehari 3 kali.
  • Obat payudara bengkak
Ibu menyusui biasanya akan mengalami bengkak pada payudaranya, tapi tak perlu binggung lagi kita dapat menggunakan daun sirih untuk meringankannya. Caranya cukup dengan membakar daun sirih merah hingga layu lalu tempelkan daun sirih yang masih hangat pada payudara yang mengalami bengkak.kandungan allyprokatecol dan karvakrol dalam daun sirh dapat membantu untuk merenggangkan otot – otot payudara dikarenakan terlalu banyaknya untuk mengeluarkan ASI.
  • Obat bronkhitis
Manfaat daun sirih merah selanjutnya yaitu dapat mengobati penyakit bronkhitis. Karena kandungan tanin yang terdapat pada daun sirih merah dapat menyembuhkan bronkhitis. Caranya yaitu siapkan 6 - 10 lembar daun sirih dan 300 ml air, kemudian rebuslah dua bahan tersebut hingga air rebusan tinggal setengahnya. Minumlah ramuan ini secara teratur sehari 3 kali.
  • Obat asam urat
Asam urat juga dapat di obati menggunakan daun sirih merah. Disebabkan daun sirih merah mampu untuk meredakan rasa nyeri pada otot serta dapat meluruhkan kristal asam urat yang terdapat pada tubuh. Caranya yaitu siapkan 8 lembar daun sirih merah yang masih muda  yang telah dibersihkan. Kemudian masukkan pada 500 ml lalu rebuh hingga mendidih dan tersisa menjadi 3 gelas. Minumlah ramuan ini sehari 3 kali, jika terlalu pahi bisa ditambahkan dengan gula jawa ataupun bisa dengan madu.
  • Obat radang paru-paru
Daun sirih merah teryata bisa dijadikan salah satu obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit radang paru-paru. Karena daun sirih merah mengandung vitamin, mineral serta antioksidan yang bermanfaat untuk membersihkan organ paru-paru terhadap senyawa berbahaya yang dimana tidak sengaja masuk kedalam paru-paru. Cara yaitu dengan merebus 5 - 7 lembar daun sirih merah yang tua dengan 500 ml air dan minumlah ramuan ini sehari 3 kali. 
  • Mencegah munculnya jerawat
Daun sirih merah mengandung antioksidan, flavonoid, dan vitamin yang di mana dapat bermanfaat untuk mengobati serta mencegah munculnya jerawat. Karena kandungan dalam dun sirih merah tersebut dapat memberikan nutrisi pada kulit serta dapat menggantikan sel-sel pada kulit yang mulai rusak disebabkan karena polusi. Caranya cukup dengan merebus 10 lembar daun sirih merah pada 200 ml air hingga mendidih dan kemudian saring  dan dinginkan. Lalu gunakan air tersebut untuk membasuh muka sehari 2 kali.
  • Mengatasi keputihan
Daun sirih baik yang hijau ataupun yang merah memiliki kandungan sebagai antiseptik yang dimana dapat bermnfaat untuk mematikan bakteri Candida penyebab dari keputihan. Cara sangat mudah yaitu hanya membasuh organ intim kewanitaan kita dengan air rebusan daun sirih tersebut yang telahdisaring terlebih dahulu.
  • Menghilangkan bau badan
Kandungan kavicol dan estragol pada daun sirih merah terbukti mampu untuk mengendalikan produksi hormon serta kelenjar keringat pada tubuh yang menyebabkan badan menjadi bau. Cara untuk menghilangkan bau  badan dengan daun sirih ada dua cara yang pertama bisa dengan mengkonsumsi air dari rebusan daunsirih sehari 2 kali atau juga dengan mengoleskan tumbukan dari daun sirih merah pada ketiak secara teratur.
  • Mengobati bau mulut
Manfaat daun sirih selanjutnya yaitu dapat mengatasi bau mulut. Karena daun sirih merah mengandung senyawa eugenol dan kavibetol yang dimana dapat mengatasi masalah bau mulut. Caranya sangat mudah yaitu hanya berkumur dengan rebusan daun sirih merah pada pagi dan sore hari secara teratur.
  • Obat gusi berdarah
Kandungan saponin, tanin, mineral, kalsium, dan fosfor yng terdapat pada daun sirih merah dapat mengatasi peradangan yang terjadi pada gusi. Caranya yaitu rebuslah 10 lembar daun sirih merah dengan air hingga mendidih kemudian saringlah dan dinginkan. Setelah dingin gunakan rebusan tersebut untuk berkumur, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kumur sehari 3 kali.

Demikianlah manfaat daun sirih merah untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

13 Manfaat Tersembunyi Dari Daun Sirih Merah Rating: 4.5 Posted By: Unknown