Manfaat Kangkung, Cara Ampuh Menghilangkan Insomnia

Siapa yang tak mengenal sayuran berwarna hijau satu ini? Kangkung merupakan tanaman yang bisa dengan mudah tumbuh di daerah tropis dengan cepat. Apakah Anda tahu apa saja manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh yang merupakan tanaman yang dapat hidup di media air dan tanah lembap ini?

Di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, tanaman kangkung merupakan makanan popular yang banyak ditemukan di sebagian besar masakan. Bagian daun dan batang kangkung yang masih muda dapat dijadikan makanan mentah, seperti salad, atau dimasak sebagai sayuran dan tumis yang lezat. Kandungan vitamin A, B, C, zat besi, fosfor, serat, asam amino, selenium dan kalsium dalam kangkung ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.
manfaat tanaman kangkung
Dengan kandungan vitamin yang melimpah tersebut, tentu saja manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh juga tak kalah banyak. Kandungan vitamin A dalam kangkung bagus untuk mata, sedangkan kandungan vitamin C dalam kangkung yang lebih tinggi dari buah-buahan juga sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Tapi, tahukah Anda selain manfaat-manfaat tersebut, ternyata kangkung terkenal sebagai sayuran sebagai penyebab kantuk?

manfaat kangkung memang umumnya dikenal sebagai sayuran yang dapat menyebabkan kantuk dengan mudah. Maka dari itulah, kangkung juga dapat digunakan sebagai obat penyakit insomnia yang ampuh. Insomnia atau penyakit kurang tidur sudah umum dirasakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Mereka yang rata-rata mengalami insomnia biasanya karena banyak pikiran yang membebani otak sehingga otak senantiasa berpikir dan susah untuk beristirahat
.
Bila insomnia hanya terjadi dalam satu atau dua hari, itu tidak terlalu dipermasalahkan. Namun, jika kondisi ini terus berlanjut, maka akan mengarah pada menurunnya kondisi kesehatan penderita dan perlu penanganan khusus. Bagi masalah insomnia akut, perlulah untuk memakan makanan sehat, seperti sayuran, khususnya kangkung, yang memang ahli dalam menyembuhkan penyakit insomnia.

Artikel lainnya:
  • Brokoli, Sayuran Paling Bergizi di Dunia dengan Banyak Manfaat
  • Nih, “Segudang” Manfaat Tersembunyi Kurma
Kangkung menghasilkan unsur sedatif yang dapat membuat seseorang mudah mengantuk dan bisa tidur pulas. Syaraf tubuh bisa kendur dan rileks oleh kangkung yang mengandung selenium dan zinc di dalamnya. Jika syaraf semakin rileks, tidur akan lebih mudah. Dengan begitu, kangkung ini sangat berguna sebagai obat tidur alami.

Manfaat kangkung sebagai obat insomnia alami ini dapat diolah dengan cara membuat rebusan dari kangkung yang telah dibersihkan bawahnya atau dengan membuat jus dari kangkung. Minum ramuan tersebut setelah makan malam atau sebelum tidur, maka insomnia Anda akan bisa diatasi. Akan tetapi,bagi Anda yang akan mulai beraktivitas, jangan mengkonsumsi kangkung secara berlebihan karena akan menyebabkan kantuk.

Selain sebagai obat insomnia, kangkung juga memiliki khasiat yang cukup banyak. Kami juga akan membahasnya di sini sebagai bahan referensi atau menambah wawasan anda. Yuk, simak apa saja manfaat sayuran yang dominan dengan warna hijau ini.

Kumpulan Manfaat Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

  • Pencegah Terkena Penyakit Diabetes
Pada kangkung tedapat zat-zat yang menghambat terjadinya penyerapan gula pada tubuh secara berlebih. Apabila anda takut dengan kadar gula pada nasi, tak perlu khawatir. Dampingi asupan gizi dengan sayuran kangkung agar tubuh menjadi lebih sehat.
  • Jantung Lebih Sehat
Manfaat sayuran kangkung lainnya adalah untuk membantu radikal bebas atau antioksidan agar kolesterol tetap terjaga. Kolesterol teroksidasi yang terdapat pada dinding pembuluh darah dapat menimbulkan arteri tersumbat dan apabila dibiarkan akan menyebabkan serangan stroke atau jantung.
  • Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang terdapat pada kangkung dapat mencegah anemia karena Zat Besi berfungsi untuk merangsang tubuh agar mempercepat untuk memproduksi seldarah merah. Sehingga dapat bermanfaat agar terhidar dari serangan anemia.
  • Mengurangi Kolesterol 
Manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh salah satunya yaitu berguna untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. Karena dalam suatu penelitian menyatakan bahwa kangkung terbukti sangat efektif dalam menurunkan kolesterol.
  • Mencegah Dari Sariawan
Kandungan vtamin C yang terkandung di dalam kankung dapat bermanfaat dalam mencegah terjadinya sariawan. Selain itu jika anda sakit gigi kankung juga dapat mengobatinya karena kangkung memiliki anti septik alami yang mampu membunuh kuman pada mulut dan gigi dengan cara langsung mengunyahnya saja.
  • Menjaga Kualitas Otak
Perlu anda ketahui bahwa kangkung termasuk sayuran yang mengandung Omega 3. Yang di mana Omega 3 bermanfaat dalam menjaga kualitas otak. Sehingga mengapa ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kangkung untuk memberikan nutrisi kepada bayi yang di kandungnya.
  • Menumbuhkan Rambut
Jika anda mengalami masalah pada mahkota anda seperti rontok dan bercabang, kangkung dapat di jadikan alternative sebagai obat alami dari dalam. Karena salah satu manfaat kangkung untuk kesehatan adalah dapat di jadikan obat alami untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut.
  •  Mengobati Sakit Gigi dan Gusi Bengkak
Ternyata kangkung juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi dan gigi bengkak. Caranya sangat mudah yaitu cukup dengan mengambil segenggam dari akar sayur kangkung lalu rebuslah dengan air satu gelas dan didihkan . Setelah mendidih lalu saringkah dan tambahkan dengan cuka dan kemudian buatlah berkumur ramuan tersebut selagi masih hangat.
  • Menghilangkan Ketombe
Untuk menghilangkan ketombe dengan kangkung kita bisa menyiapkan  segenggam daun kangkung kemudian rendamlah semalaman. dan keesokan harinya air rendaman dari kangkung bisa digunakan untuk keramas disertai dengan pijatan yang halus dan kemudian bilas dengan air bersih
  • Mengobati ambeien
 Selain dapat untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak ternyata akar dari kangkung juga dapat mengobati sakit ambeien. Caranya yitu dengan mengambil segenggam akar rambut kankung dan 3 gelas air  kemudian direbus hingga tersisa setenggah airnya. Kemudian minumlah ramuan ini 3 kali sehari masing masing 1/2 gelas.
  •  Mengatasi Penyakit Kuning
Penyakit kuning adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan kerusakan fungsi hati  yang ditandai dengan kulit, mata, dan lidah yang berwarna kuning. Untuk itulah kangkung di kata dapat mengatasi penyakit kuning dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi  pada kangkung sehingga dapat melindungi hari dari kerusakan.
  • Mengobati Mimisan
 Manfaat terakhir dari kangkung adalah dapat menyobati mimisan dengan menjadikan sebagai obat tradisional. Yaitu dengan menumbuk daun kangkung yang telah dibersihkan kemudian beri air hangat dan gula aren lalu aduk rata dan saring, kemudian  minumlah saat dingin.

Tak hanya itu, folat pada kangkung juga dapat mengkonversi bahan kimia yang membahayakan disebut homosistein dan menyebabkan stroke atau serangan jantung. Pada kangkung juga terdapat magnesium, berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung agar tetap sehat.

Manfaat Kangkung, Cara Ampuh Menghilangkan Insomnia Rating: 4.5 Posted By: Unknown